Loading...

Resmi! Ada Nuansa Piala Dunia di Peraturan Piala Asia U-19


Federsi Sepakbola Asia (AFC) akhirnya menyetujui peraturan baru soal pergantian pemain setelah direkomendasikan oleh Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB).

Melalui Komite Eksekutif AFC dijelaskan bahwa aturan tersebut memperbolehkan satu tim melakukan empat pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Namun khusus untuk satu pergantian pemain hanya boleh dilakukan saat pertandingan memasuki babak tambahan waktu atau ekstra time.

Aturan tersebut sejatinya sudah terlebih dahulu diterapkan dalam ajang sepak bola terakbar di dunia, yakni Piala Dunia 2018 di Rusia lalu.

Apa yang dilakukan AFC saat ini dengan mengikuti aturan tersebut tak lepas dari upaya mereka menyajikan pertandingan sepak bola yang menghibur di Asia. Khususnya dalam rangka menyambut Piala Asia 2019.
“Seluruh Benua (Asia) bersemangat menantikan turnamen paling bergengsi di Asia, dan oleh karena itu penting bagi AFC di Piala Asia yang akan berlangsung di UAE 2019 nanti untuk mengadopsi peraturan terbaru ini. Sejalan dengan usaha kami untuk menampilkan tontonan yang benar-benar tak terlupakan di ajang tersebut," kata Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dalam situs resmi AFC.
Sebelum nantinya diterapkan pada Piala Asia 2019 dan seluruh kompetisi di bawah AFC, peraturan empat kali pergantian pemain itu nantinya untuk pertama kalinya akan diterapkan di Indonesia.

Yakni pada gelaran Piala Asia U-19 tanggal 18 Oktober hingga 4 November 2018. Selanjutnya kejuaraan Piala Asia U-19 Wanita 2019 dan Kejuaraan Piala Asia U-23 Thailand di tahun 2020 akan menyusul untuk menerapkannya.
“Saya yakin peraturan baru akan menambah semangat kompetisi tim nasional unggulan Asia dan lebih memperkuat ambisi AFC untuk menjadi Konfederasi terdepan di dunia,” tukas Shaikh Salman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel