Permainan Persebaya Surabaya Bakal Mirip Persib Bandung?

shares |


Perekrutan Djadjang Nurdjaman menjadi pelatih Persebaya Surabaya mendapat banyak tanggapan, banyak kalangan menilai hadirnya Djanur akan mebuat gaya permainan Persebaya seperti Persib Bandung.

Bisa jadi menote yang akan diterapkan Djanur seperti pada saat dirinya melatih Persib Bandung, apalagi Djanur sudah bertahun-tahun di Persib hingga memberikan gelar juara Liga pada ISL 2014 silam.

Asisten pelatih Persebaya, Sugiantoro, memiliki pendapat sama. Formasi 4-3-3 yang biasa diterapkan Persebaya juga pernah dipakai Persib saat masih di bawah arahan Djanur.
"Saya melhat tidak jauh beda. Coach Djanur pernah memakai 4-3-3 di Persib dengan gelandang bertahan Hariono yang merupakan orang Jawa Timur (Sidoarjo). Di sini, kami punya M. Hidayat, Misbakus Solikin, dan OK John," kata asisten pelatih yang akrab disapa Bejo itu.
Formasi 4-3-3 memang akan lebih mengandalkan sisi serangan sayap dan bermain ofensif. Digelandang serang terdapat nama-nama seperti Nelson Alom, Hidayat, dan Solikin.

Robertino Pugliara dan juga Raphael Maitimo akan semakin memantapkan skema yang akan diterapkan Djanur lantaran ketiganya pernah bekerjasama di Persib.
"Sebetulnya sama saja. Tapi, perbedaannya 4-3-3 itu harus tahu kapan melakukan ofensif dan defensif. Kalau 4-3-3 ofensif, kami pakai satu gelandang bertahan, sedangkan defensif pakai dua gelandang bertahan. Coach Djanur tentu lebih paham itu," imbuh Bejo.
Namun jika melihat kedua tim di Liga 1 2018 kali, keduanya memiliki skema berbeda. Dibawah arahan Mario Gomez, Persib Bandung menggunakan skema 4-4-2 dengan dua striker asing yakni Ezechiel N’Douassel dan Jonathan Bouman.

Related Posts