Loading...

Shaun Evans, Wasit Kontrversi "Musuh" Timnas U-23 dan Persib Bandung


Wasit Shaun Evans tengah menjadi bahan pembicaraan dikalangan pencinta sepakbola tanah air. Penyebabnya adalah kepemimpinan Shaun saat memimpin pertandingan Timnas U-23 Indonesia kontra Unie Emirat Arab (UEA) dibabak 16 besar Asian Games 2018, Jumat (24/8).

Setidaknya ada satu keputusan kontriversial yang membuat Indonesia sangat dirugikan yakni saat memberikan hadiah penalti kedua untuk UEA. Padahal banyak kalangan menganggap proses terjadinya penalti tidak pas.

Berawal dari perebutan bola antara Hansamu Yama dengan Shaheen Al-Darmki dimenit ke-64, namun Shaheen terjatuh dan wasit menganggap pelanggaran. Dari tayangan ulang kontak fisik juga sangat minim.

Bukan hanya kontroversi penalti yang diberikan Shaun Evans, beberapa korner kick untuk UEA jua dianggap kurang tepat.

Kiprah Shaun Evans membuat kontroversi juga pernah terjadi di Liga 1 2017 lalu, korbannya adalah tim kebanggaan Jawa Barat, Persib Bandung.

Saat itu pertandingan antara Persija Jakarta kontra Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, 3 November 2017 lalu. Shaun menganulir gol yang dicetak oleh Ezechiel N'Douassel, padahal saat itu bola sudah jelas masuk ke gawang Persija Jakarta.

Bukan hanya mengecewakan publik tanah air saja, Evans juga pernah melakukan blunder dalam pengambilan keputusan yakni dikompetisi A-League saat pertandingan Sydney FC versus Wellington Phoenix, April 2018.

Kejelian Evans diuji kala ada kontroversi terkait handball yang dilakukan bek Wellington, Michael Zullo.

Evans tak meniup peluit karena merasa tangan Zullo pasif. Tapi, pengecekan lewat VAR dilakukan oleh Evans. Butuh waktu hampir semenit bagi Evans untuk mengecek ulang kejadian tersebut.

Dan ketika menganulir keputusannya, memberi penalti untuk Sydney, pemain Wellington protes. Saat memberi penalti, memang tampak ada kebimbangan dalam diri Evans. Jadi, wajar jika ada pemain yang tak terima dengan keputusannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel