Pelatih Perseru Serui Nilai Larangan Striker Asing Tak Efektif

shares |


Wacana pelarangan striker asing pada kompetisi Liga 1 berikutnya mendapat berbagai reaksi, salah satunya dari pelatih Perseru Serui, I Putu Gede yang menilai larangan tersebut tak efektif dan bisa menurunkan nilai kompetisi.

Seperti diketahui PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) merencanakan pelarangan striker asing di kompetisi berikutnya. Hal ini tak lepas dari minimnya striker lokal berkualitas yang berdampak pada Timnas Indonesia.
“Saya pikir pelarangan penyerang lokal itu tidak akan efektif karena itu bisa saja disiasati. Misalnya dengan menaturalisasi pemain asing. Sebagaimana diketahui, naturalisasi sekarang semakin banyak. Sama saja jadinya,” buka Putu Gede.
Putu menilai minimnya striker lokal tak perlu melakukan pelarangan striker asing. Dirinya lebih menekankan untuk terus menggalakkan kompetisi usia dini yang diharapkan mampu memunculkan pemain-pemain muda lokal berkualitas.
“Saya rasa wadahnya harus ditingkatkan, misalnya di kompetisi U-19. Lalu, itu juga soal kesempatan saja. Misalnya, Barito Putera berani mengandalkan Samsul Arif. Dia menjadi bukti mampu bersaing dengan striker asing,” paparnya.
Putu justru khawatir jika striker asing dilarang di kompetisi Indonesia karena bisa berdampak pada penurunan kualitas Liga 1 nantinya.
“Tanpa pemain asing bisa jadi nilai kompetisi akan menurun karena mereka membuat tim lebih kuat. Melarang penyerang asing bukan solusinya,” tutup Putu Gede.

Related Posts