Loading...

Heboh Peringkat Persija Jakarta di Klasemen, Ini Penjelasan Operator Liga


Baru-baru ini penggemar sepakbola Indonesia dihebohkan dengan perolehan poin serta peringkat Persija Jakarta di klasemen sementara Liga 1 2018.

Hal itu tak lepas dari posisi Persija Jakarta yang menempati posisi 4 klasemen sementara usai ditahan imbang Arema FC dengan skor 1-1 di pekan ke-19 Gojek Liga 1 dan memperoleh 29 poin.

Poin tersebut ternyata sama dengan yang dimiliki oleh Bali United, Barito Putera dan Bhayangkara FC sehingga memunculkan polemik di para penggemar sepakbola.

Namun dalam regulasi pasal 29 ayat (4) disebutkan bahwa penentuan peringkat klasemen ditentukan lebih dulu oleh poin yang dikumpulkan oleh masing-masing peserta Liga 1.

Apabila terdapat 2 klub atau lebih memiliki jumlah poin sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan head to head, selisih gol, jumlah gol memasukkan, lalu undian di antara tim yang punya poin sama.

Adapun keputusan tim terbaik dari head to head dijelaskan pada pasal 9 ayat 4, yaitu berdasarkan urutan (a) jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait.

Kemudian (b) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait.

Lalu (c) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait, (d) jumlah gol tandang masing-masing klub dari pertandingan pertandingan (gol tandang dikalikan dua) yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel