Peraturan Baru Liga 1 2018: Yang Bawa HP Bisa Diusir Wasit, Hanya Manajer Bersertifikat Boleh di Bench

shares |


PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator Liga 1 Indonesia baru saja menggelar seminar yang diikuti oleh para manajer tim peserta.

Seminar yang dilangsungkan di Hotel Sultan, Jakarta tersebt menghasilkan beberapa keputusan mengenai regulasi kompetisi Liga 1 musim depan.
"Yang boleh duduk di bench pemain itu ada tiga orang, yaitu pelatih kepala, manajer dan dokter tim," terang Tigor Shalom Boboy, Direktur Operasional PT. LIB seperti dilansir Viva.co.id, Jumat, 2/3/3018.
Nantinya setiap manajer akan diberikan sertifikat sehingga yang boleh berada di bench pemain adalah manajer yang sudah memiliki sertifikat. Jika dilanggar, maka KOMDIS akan memberikan hukuman denda sebesar Rp.50 juta.

Dalam seminar untuk manajer-manajer di Liga 1 yang berlansung sejak Kamis kemarin (1/3/2018) diberikan pengetahuan tentang peran manajer, regulasi, dan lainnya.
"Seorang manajer seharusnya menjadi yang paling paham dengan seluruh komponen regulasi sepakbola. Sebagai contoh, saya sampaikan, manajer harus bisa menjadi penengah ketika terjadi masalah di lapangan dan bukan menjadi provokator," terang Tigor lagi.
Selain aturan prihal manajer, ditempat yang sama sekaligus penyuluhan mengenai Law of The Game Liga 1 2018 yang dipimpin oleh Direktur Wasit PSSI, Toshikusi Nagi.

Nagi menyampaikan beberapa peraturan baru yang harus dipatuhi, diantaranya adalah seluruh official tim yang duduk di kursi pemain cadangan, tidak diperkenankan untuk menggunakan perangkat elektronik. Mulai telepon genggam sampai gadget lainnya.
“Perlu diperhatikan oleh seluruh staf pelatih dan official, bahwa dalam Liga 1 nanti tidak diperkenankan menggunakan perangkat elektronik di dalam bangku cadangan. Hanya dokter dan fisioterapi yang diperkenankan menggunakan alat elektronik selama itu untuk kepentingan medis,” ujar Nagi.
Jika ada yang melanggar, maka Nagi menegaskan akan mengusir keluar lapangan. Sementara untuk pemain, sama sekali tidak diperkenankan untuk menggunakan perangkat elektronik.

Related Posts