Loading...

Kalau Klub Walk Out Ketika Bertanding akan Kena Sanksi Berat!


Pada Liga 1 2018 ini, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan menerapkan sanksi berat jika ada klub yang menolak bertanding hingga selesai atau mogok bertanding.

Berdasarkan regulasi yang tertuang di pasal 12a ayat 1, klub akan dinyatakan kalah 0-3 jika melakukan walk-out (WO).

Di ayat 2 dijelaskan, klub yang memilih WO bisa mendapat sanksi tambahan dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI atau LIB.

Musim lalu, kejadian walk out tersebut pernah terjadi yang melibatkan Persib Bandung saat bertanding melawan Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo.

Saat ini, keputusan wasit Shaun Robert Evans yang memberikan kartu kuning kedua pada Vladimir Vujovic pada menit ke 83 dianggap tidak fair.

Saat ini, official tim terlihat memberikan instruksi agar para pemain menepi kepinggir lapangan. Melihat kejadian tersebut, wasit asal Australia tersebut langsung meniupkan pluit tanda pertandingan usai dan memberikan kemenangan untuk Persija.

Namun, saat itu Persib ternyata tidak dinyatakan WO karena Shaun Evans menggunakan hak diskresinya, yaitu kewenangan mutlak yang dimiliki wasit untuk menghentikan pertandingan.

Insiden itu pun berlanjut ke meja komisi disiplin atau Komdis PSSI. Setelah digelar sidang, Komdis PSSI memutuskan Persib kalah 0-3 dari Persija dan menghukum manajer Persib, Umuh Muchtar, enam bulan larangan beraktifitas di dunia sepak bola terhitung sejak 8 November.

Sebelum kejadian di Manahan Solo, ternyata aksi Walk Out yang dilakukan Persib Bandung pernah terjadi di Liga Indonesia musim 2005 saat bertanding melawan Persija Jakarta di Stadion Lebak Bulus lantaran membludaknya suporter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel