Mantap! Ternyata Evan Dimas Pemain Termahal di Malaysia, Ngalahin Pemain Amerika Latin

shares |

Evan Dimas

Sebagian orang belum begitu paham kenapa banyak klub dari Liga Malaysia lebih memilih merekrut pemain asal Amerika Selatan dibandingkan benua lainnya. Hal inipun tak jauh berbeda dengan kondisi di Indonesia. Nah seorang tokoh sepakbola Malaysia mengungkapkan alasannya.

Dikutip dari laman Harian Metro ternyata para pemain asal Amerika Selatan mau digaji dengan harga yang lebih rendah. Menurut Direktur dari Action Football Asia, Effendi Jagan Abdillah mengatakan gaji yang murah tentu saja menjadi solusi klub-klub yang berlaga di Malaysia untuk merekrut mereka.

Bukan hanya itu, kultur sepakbola yang tak jauh berbeda membuat para pemain asal Amerika Latin lebih cepat beradaptasi.
"Saya anggarkan gaji mereka (pemain Amerika Selatan) sekitar 40 ribu Ringgit Malaysia (setara 133 juta rupiah) sampai 61 ribu Ringgit Malaysia (203 juta rupiah), jadi saya tidak kaget klub Liga Malaysia sering mendatangkan pemain asal Amerika Selatan," ujar Effendi.
Jika dibandingkan dengan Evan Dimas Darmono yang baru saja direkrut oleh Selangor FA beberapa waktu lalu tentu saja gaji para pemain Amerika Selatan jauh lebih rendah. Selangor FA diketahui rela mengeluarkan uang perbulannya untuk Evan Dimas sebesar 83 ribu Ringgit Malaysia (setara 269,7 juta Rupiah) dan menempatkannya sebagai pemain termahal di Malaysia.

Effendi menambahkan selain pemain asal Amerika Selatan yang mau digaji rendah juga ada dari Eropa terutama dari Balkan atau Eropa Timur. Di Malaysia sendiri untuk pemain Amerika Selatan masih didominasi dari Brasil dan Argentina.

Brasil menyumbang 10 pemain (14,92 persen) antara lain Marcos Antonio (Johor Darul Ta'zim), Matheus Alves (Pahang), Thiago Junio ​​(Perak), dan Thiago Augusto Fernandes (FELDA United).

Sementara Argentina tujuh pemain (10.44 persen) antara lain Gabriel Guerra (JDT), Yamil Romero (Pahang), Sergio Aguero (Melaka United), dan juga Lucas Espindola (PKNS FC).

Related Posts