AFC Akan Selidiki PSSI Soal Pelarangan Pemain ke Luar Negeri

shares |

AFC Akan Selidiki PSSI Soal Pelarangan Pemain ke Luar Negeri

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menyelidiki PSSI terkait Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armayin yang belum juga bergabung dengan Selangor FA.

Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul John, menyebut AFC akan mencari tahu apakah ada pelanggaran atau tidak terhadap regulasi FIFA.
"Berdasarkan kabar yang beredar, aksi (pelarangan) tersebut lebih kepada pemain Indonesia untuk memperkuat tim nasional mereka. Saya pikir itu tergantung kepada sang pemain untuk memutuskan. Namun, tidak ada tindakan yang bisa dilakukan saat ini karena baru diajukan," ujar Datuk Windsor Paul John seperti dilansir Berita Harian.
"Jika regulasi tersebut sedang diatur (oleh PSSI), AFC harus terlebih dulu melihat apa arti dari regulasi tersebut dan jika terbukti melanggar peraturan FIFA dan AFC, kami dapat memulai penyelidikan karena pemain bebas untuk bermain di klub mana pun dan di negara mana pun," lanjutnya.
Permasalahan ini berawal saat ketua PSSI, Edy Rahmayadi mengeluarkan ultimatum berupa larangan kepada pemain berlabel Timnas Indonesia bermain di luar negeri. Bahkan Edy Rahmayadi mengancam akan mencoret pemain dari PSSI dan Timnas Indonesia.

PSSI cukup beralasan lantaran khawatir akan ada jadwal bentrok antara Timnas Indonesia dengan jadwal Liga diluar negeri. Sementara baik Evan Dimas dan Ilham Udin yang tergabung dalam Timnas Indonesia U-23 merupakan pemain penting yang diproyeksikan untuk persiapan Asian Games 2018 mendatang, apalagi Indonesia saat itu menjadi tuan rumah.

Selangor FA pun dikabarkan akan mengambil tindakan tegas dengan mengadukan permasalahan ini kepada FIFA seandainya Evan Dimas dan Ilham Udin tak kunjung datang untuk bergabung dengan skuat berjulukan Gergasi Merah itu lantaran larangan dari PSSI.

Related Posts