Loading...

Ini yang Sebabkan Timnas Indonesia U-19 Kalah Telak oleh Malaysia

Ini yang Sebabkan Timnas Indonesia U-19 Kalah Telak oleh Malaysia
Timnas Indonesia U-19 mengalami kekalahan telak 4-1 oleh Timnas Malaysia U-19 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F yang berlangsung di Korea Selatan, Senin (6/11). Ini merupakan kekalahan kedua Timnas U-19 diajang tersebut setelah sebelumnya kalah telak oleh Korea Selatan dengan skor 4-0. Meski kalah, Indonesia tetap ikut serta di Piala Asia U-19 2018 lantaran bertindak sebagai tuan rumah.

Diluar dugaan Indonesia yang diprediksi akan mampu memenangi pertandingan justru harus tertinggal terlebih dahulu melalui Muhammad Hadi pada menit ke-7 melalui titik penalti. Penjaga gawang Gianluca Rossy dianggap melakukan pelanggaran kepada pemain Malaysia Akif Syahiran didalam kotak penalti. Skor 1-0 keunggulan Malaysia.

Bahkan menit ke ke-34, Malaysia berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui Akhyar Rashid. Namun menjelan akhir babak pertama, Hanis Saghara berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1.

Babak kedua, Indonesia justru kecolongan dengan gol cepat yang dilesatkan oleh Pillay Asokan melalui sundulan memanfaatkan tendangan pojok. Bahkan tak berselang lama tepatnya menit ke 52, Malaysia mendapat hadiah penaltih yang sukses dieksekusi oleh Hadi Fayyad. Skor 4-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Kekalahan telak Timnas Indonesia U-19 dianggap mengejutkan, pasalnya Indonesia tak seperti biasanya bermain buruk. Hal ini mulai tercium saat Indonesia kalah telak oleh Korea Selatan dengan skor 4-0. Menurut Mantan asisten pelatih Persipura Jayapura, Tony Ho, skuad Timnas U-19 seperti kehilangan jiwa petarung.
"Secara kualitas kami memang kalah dari Korsel. Tapi, saya tidak melihat pemain timnas U-19 berusaha berjuang keras untuk sekadar mengimbangi tuan rumah" Kata Tony beberapa waktu lalu.
Tony juga menyoroti lini belakang Timnas U-19 yang dianggap rapuh dan kurang solid. Para pemain tidak mampu membaca pergerakan lawan,
"Kita juga terlalu fokus dengan bola tanpa melihat pergerakan lawan," tambahnya.
Memang benar, Timnas Indonesia U-19 dibeberapa pertandingan sebelumnya seperti pada Piala AFF U-18 Myanmar lalu tampil sangat meyakinkan. Gaya permainan cepat dengan umpan-umpan pendek yang akurat menjadi andalan skuad Indra Sjafri. Namun di dua prtandingan akhir Kualifikasi Piala Asia U-19 ini, Indonesia justru terlihat tak seperti biasanya. Bahkan Witan Sulaeman dkk terlihat kehilangan karakter permainan dan melakukan banyak kesalahan. Tentu saja, Indra Sjafri harus mulai berbenah dari sekarang untuk menatap Piala Asia U-19 2018 mendatang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel