Daftar Stadion Termahal Asia Tenggara, Dua Diantaranya dari Indonesia

shares |

Setiap negara di kawasan Asia Tenggara memiliki stadion kebanggaan masing-masing, sebut saja Stadion Gelora Bung Karno (SU-GBK) di Jakarta, Kemudian Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur, Malaysia dan juga Stadion Rajamanggala di Thailand. Hanya saja sebagai sebuah stadion yang menunjukkan ikon suatu negara memang kerap kali mengalami perbaruan dan pembangunan ulang. Stadion-stadion tersebut sebagai bukti sejarah dimasa lalu. Namun kini, beberapa negara Asia sudah mulai bergeliat dalam membangun stadion bertaraf Internasional untuk sepakbola.

Sebut saja Stadion i-Mobile di Buriram, Stadion Tun Abdul Razak dari Felda United atau Stadion Batakan Persiba Balikpapan yang menawarkan sensasi dan pengalaman berbeda dalam menyaksikan pertandingan sepakbola. Lantas berapa harga yang harus dibayar untuk membangun stadion-stadion tersebut? Nah kali ini, kami akan berikan informasi mengenai Daftar Stadion termahal di Asia Tenggara seperti dikutip dari laman fourfourtwo.

Sultan Ibrahim Larkin Stadium - Malaysia (US$ 48.9 million)
Sultan Ibrahim Larkin Stadium - Malaysia

Stadion ini memag belum jadi dan pembangunan sedang dikerjakan. Stadion kandang Johor Darul Ta'zim (JDT) yan menjadi juara Liga Super Malaysia ini memiliki kapasitas tempat duduk hingga 40.000 dan akan menjadi salah satu yang terbaik di kawasan Asia apalagi Asia Tenggara. Diharapkan Stadion ini akan selesai pembangunannya di tahun 2019 mendatang.

Aji Imbut Stadium – Indonesia (US$ 66.7 million)
Aji Imbut Stadium – Indonesia

Stadion ini merupakan kandang Mitra Kukar, dibangun tahun 2008, Stadion Aji Imbut memiliki kapasitas hingga 35.000 penonton. Sayangnya di Stadion ini masih belum full seat dan tak ada tribun penonton dibagian belakang gawang.

Batakan Stadium – INDONESIA (US$ 102.2 MILLION)
Batakan Stadium – INDONESIA

Stadion Batakan Balikpapan bisa disebut sebagai Stadion megah tanpa lintasan atletic pertama di Indonesia. Stadion ini mengadopsi desain Stadion Emirates milik Arsenal di Liga Inggris. Kapasitas Stadion mencapai 46.000 penonton, sayangnya pengerjaan Stadion ini belum 100 persen selesai namun sudah digunakan oleh klub Persib Balikpapan. Masih banyak yang harus dibenahi yakni pemasangan kursi duduk diseluruh tribun serta area parkir yang diperluas.

Shah Alam Stadium – Malaysia (US$ 103.4 million)
Shah Alam Stadium

Stadion Shah Alam menjadi salah satu ikon Stadion Malaysia. Stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk mencapai 80.000. Beberapa waktu lalu Stadion ini digunakan dalam ajang SEA Games 2017. Terlihat jelas kemegahan Stadion ini.

Bukit Jalil Stadium– MALAYSIA (US$ 194.2 MILLION – Hingga US$ 308.6 MILLION)
Bukit Jalil Stadium

Ini adalah Stadion yang sangat bagus dan mahal milik Malaysia. Stadion ini merupakan ikon sekaligus Stadion utama Malaysia untuk menghelat pertandingan akbar. Bahkan kabarnya tahun depan akan kembali melakukan perbaikan dengan menambahkan atap yang bisa dibuka tutup.

Singapore National Stadium – Singapore (US$ 1.30 billion)
Singapore National Stadium

Ini adalah Stadion paling mahal di Asia Tenggara yakni Singapore National Stadium. Memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 55.000, Stadion ini bahkan memegang rekor sebagai Stadion dengan kubah terbesar didunia. Selain sepakbola, Stadion ini juga sering digunakan untuk olahraga Rugby dan acara olahraga lainnya.

Related Posts