Loading...

5 Liga Sepakbola Termahal Asia Tenggara, Indonesia Posisi Ke..?

5 Liga Sepakbola Termahal Asia Tenggara, Indonesia Posisi Ke..?

Liga1ina.com. Sepakbola menjadi cabang olahraga yang paling banyak penggemarnya, tak hanya di Indonesia, di dunia juga menjadi salah satu industri olahraga yang sangat mahal. Saat ini, Liga dunia masih didominasi oleh Liga Eropa seperti Liga Primer Inggris, Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Liga Italia atau League 1 Prancis. Semakin berkembangnya industri sepakbola membuat para atlit dengan kualitas permainan tinggi berani dibandrol dengan kisaran harga fantastis mencapi Triliunan.

Lantas, jika berkaca ke sepakbola Asia Tenggara, liga manakah yang memiliki nilai pasar yang sangat tinggi atau bisa disebut sebagai Liga termahal dikawasan Asia Tenggara? Mungkin kamu tahunya Liga terbaik Asia Tenggara adalah Liga Thailand, tapi kamu juga tak bisa menutup mata dengan Liga Liga di negara Asia Tenggara lainnya. Meski barometer sepakbola Asia Tenggara bisa disebut lemah dibanding negara Asia lainnya, namun bukan berarti Liga di Asia Tenggara tak mampu bersaing. Nah berikut ini kami akan berikan informasi mengenai 5 liga sepakbola termahal di Asia tenggara yang memiliki total nilai pasar tertinggi sepanjang tahun 2017 yang dihimpun dari data Transfermarkt.

1. S- League (SINGAPURA)

Tahun 1996 menjadi awal permulaan S-League. Negara dengan luas wilayah yang kecil dibanding negara Asean lainnya membuat kompetisi sepakbola di Singapura hanya dihuni oleh sedikit tim saja,, itu sebabnya kenapa di S-League tak menerapkan sistem promosi dan degradasi. Saking minimnya klub yang ikut serta terkadang S-League mengundang tim dari negara lain seperti Brunei Darussalam untuk ikut serta.

Pamor S-League memang tak begitu bagus mengingat masyarakatnya lebih senang menonton Liga Inggris. Meski begitu, S-League memiliki nilai pasar 12,13 juta euro atau sekitar Rp 189 miliar dan menempati posisi 5 termahal di Asia Tenggara.

2. Myanmar National league

Sejak 2009, Federasi sepakbola Myanmar mulai melakukan perbaikan dari sisi kompetisi Liganya, pelan tapi pasti, sepakbola Myanmar mulai berkembang. Meski hanya dihuni oleh 12 klub, namun nilai pasar Myanmar National League mencapai 18,45 juta euro atau sekitar Rp 283 miliar dan menempati posisi ke-4 di Asia Tenggara.

3. Malaysia Super League

Yang lebih baik dari Singapura dan Myanmar tentu adalah Malaysia, Liga Malaysia bisa menjadi salah satu barometer Liga sepakbola modern di Asia Tenggara. Infrastruktur yang mulai lengkap, stadion megah mulai merata pada beberapa klub baik yang bermain di kasta tertinggi yakni Malaysia Super League ataupun Malaysia Premier League. Nilai pasarnya cukup tinggi mencapai 26,68 juta euro (Rp 409 miliar) dan menempati posisi ketiga.

4. Gojek Traveloka Liga 1

Sepakbola Indonesia baru saja pulih usai di banned oleh FIFA, semua stakeholder bahu membahu untuk menciptakan kembali Liga profesiona di tanah air. Meski masih banyak kekurangan tentu hal itu tak lepas dari baru beresnya menerima hukuman dari FIFA setelah cukup lama tak menggelar kompetisi.

Liga 1 sendiri tinggal menyisakan satu pertandingan lagi dan calon juara terkuat adalah Bhayangkara FC. Jika melihat nilai pasarnya, Liga 1 bisa menjadi yang termahal kedua di Asia Tenggara dengan nilai pasar mencapai 46,6 juta euro atau sekitar Rp 722 miliar.

5. Toyota Thai League (Thailand)

Tak dipungkiri lagi sepakbola Thailand masih menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Stadion-stadion yang dimiliki klub Thailand jauh lebih modern dengan model Liga Inggris, juga segi penyiaran yang berkualitas sehingga memanjakan para penggemar yang nonton di televisi. Selain itu, sepakbola Thailand lebih profesional dalam pengelolaan.

Bahkan Liga Thailand masuk dalam 10 Liga terbaik di kawasan Asia, Menurut data transfermarkt, Liga Thailand menjadi yg termahal di Asia Tenggara, Toyota Thai League 1 yang merupakan kasta tertinggi sepakbola Thailand memiliki total nilai pasar sebesar 57 juta euro atau sekitar Rp 894 miliar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel