Waduh, Hanya dua Klub ini yang Lolos Verifikasi AFC

shares |

Waduh, Hanya dua Klub ini yang Lolos Verifikasi AFC

Liga1ina.com. Sidang Komite Lisensi Klub PSSI pada Kamis (26/10/2017) mengumumkan hanya ada dua klub yang lolos verfikasi untuk mendapatkan lisensi sebagai klub profesional berstandar AFC. Hanya ada dua klob yang lolos verfikikasi yakni Persib Bandung dan Arema FC.

Sementara klub yang memiliki peluang menjuarai Liga 1 musim ini seperti Madura United, Bali United dan Persija Jakarta dinyatakan belum memenuhi syarat administrasi sehingga harus menunggu hingga tiga bulan kedepan guna melengkapi persyaratan yang diminta oleh AFC.

Padahal seperti diketahui klub yang berhak mewakili Liga Indonesia ke kompetsi Asia seperti Piala AFC dan Liga Champions Asia hanyalah klub yang sudah memiliki lisensi klub profesional.
"Komite Lisensi Klub PSSI sudah menyelesaikan verfikasi. Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini, kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan. Kami berharap klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria seperti dikutip dari laman bola.com.
Klub peserta Liga 1 setidaknya harus melengkapi 5 aspek yang menjadi dasar penilaian AFC agar lolos verifikasi. 5 apsek tersebut adalah  legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini).

Kompetisi Asia musim depan Indonesia sebenarnya memiliki tiga jatah yakni juara Liga 1 akan tampil dibabak play off Liga Champions Asia dan dua tim yakni runner up dan juara ketiga di Piala AFC. Tetapi jika ketiga tim tersebut tak memiliki lisensi klub AFC maka dipastikan tak bisa tampil di kompetisi Asia.

AFC akan melihat posisi tim di klasemen dari yang pertama hingga yang kesembilan. Jika ada yang memenuhi lisensi AFC maka posisi teratas dari 9 klub tersebut akan mewakili Indonesia.
"Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, jatah play-off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. Untuk pendaftaran, kami masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kami akan daftarkan klub sebelum deadline itu," imbuh Tisha.
Mengacu pada jadwal kompetisi Liga 1 musim ini yang akan berakhir pada 12 November 2017, maka klub memiliki waktu sedikit yakni hanya 10 hari saja untuk segera melengkapi persyaratan yang diminta.

Related Posts