Punya Lisensi AFC, Persib dan Arema Wakil ke Asia? ini Kata PSSI

shares |

Punya Lisensi AFC, Persib dan Arema Wakil ke Asia? ini Kata PSSI

Liga1ina.com. Hingga saat ini lima klub peserta Liga 1 sudah sukses mengantongi lisensi klub profesional AFC. Informasi ini disampaikan oleh PSSI setelah melakuan Sidang Komite Lisensi Klub PSSI pada Kamis (26/10/2017). Awalnya baru Persib Bandung dan Arema FC yang pertama menyelesaikan proses verifikasi hingga selesai dan dinyatakan lolos.

Namun belakangan tiga klub lainnya juga dinyatakan sukses menjalani verifikasi, mereka adalah Bali United, Persija Jakarta dan Madura United.
"Komite Lisensi Klub PSSI sudah menyelesaikan verfikasi. Kepada klub-klub lain yang belum dinyatakan lolos dalam proses ini, kami berikan waktu untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan. Kami berharap klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.
Padahal peserta Liga 1 kali ini sebanyak 18 klub, sejatnya semua klub sudah terverifikasi sebagai klub profesional standar AFC. Apalagi Gojek Traveloka Liga 1 tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi. Klub yang finish dari posisi 1 hingga 3 berhak untuk  maju mewakili Indonesia ke pentas kompetisi Asia seperti Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC. Namun jika klub-klub tersebut tak memiliki lisensi klub profesional AFC maka dipastikan tak bisa pentas di Asia.
"Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, jatah play-off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. Untuk pendaftaran, kami masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kami akan daftarkan klub sebelum deadline itu," imbuh Tisha.
Cukup ironis, calon kuat juara Liga 1 Indonesia seperti PSM Makassar dan Bhayangkara FC dinyatakan tak lolos verifikasi, dua klub tersebut saat ini menempati posisi 1 dan 2. Selain itu diposisi 4 klasemen juga ada Persipura Jayapura yang belum mengantongi lisensi.

Persib Bandung dan Arema FC ke Asia?

Persib Bandung dan Arema FC menjadi dua klub pertama yang mengantongi AFC License. Sementara tiga klub lainnya seperti Bali United, Persija Jakarta dan Madura United dinyatakan lolos berikutnya. Muncul anggapan miring dipublik bahwa Persib dan Arema FC akan menjadi wakil Indonesia di kompetisi Asia tahun depan, padahal dari sisi klasemen sangatlah tiak mungkin. Arema FC sedikit lebih baik lantaran berada diposisi 9 klasemen sementara Persib Bandung diposisi 12.

Padahal regulasi Liga 1 menyebutkan yang berhak ke Liga Champions Asia dan piala AFC adalah peringkat 1, 2 dan 3. Menanggapi rumor tersebut, Joko Driyono memberikan penjelasannya.
"Bukan begitu. Untuk mengikuti kompetisi Asia, tentu ada proses yang bertahap dari pihak federasi Asia (AFC)," kata Joko Driyono, Wakil Keuta Umum PSSI.
"Pertama, AFC menentukan jatah masing-masing negara. Lalu, Indonesia menentukan wakil-wakilnya," tambahnya.
Joko Driyono memang perlu meluruskan anggapan bahwa hanya Arema dan Persib lah yang kini paling siap berkompetisi di Asia. Pasalnya, beberapa klub lain yang punya kans sesuai regulasi Liga 1, malah belum bisa memenuhi syarat sesuai ketentuan dalam verifikasi AFC.

Setidaknya saat ini ada 6 klub yang tengah bersaing memperbutkan gelar juara atau setidaknya berpeluang besar main di Asia, tiga teratas seperti PSM Makassar, Bhayangkara FC dan Bali United menjadi yang paling berpeluang.
"Lima klub itu (Arema FC, Persib Bandung, Bali United, Madura United dan Persija Jakarta) memang paling siap karena sudah lolos verifikasi Asia," paparnya.
"Dan jika kondisi tidak berubah (PSM dan Bhayangkara FC yang belum memenuhi verifikasi AFC), maka lima klub itu lah yang mendapatkan prioritas untuk ke Asia," tutupnya.

Related Posts