Persiba Bakal Ikut dengan 14 Klub untuk Boikot Liga 1, Ini Alasannya

shares |

Persiba Bakal Ikut dengan 14 Klub untuk Boikot Liga 1, Ini Alasannya

Liga1ina.com. Gojek Traveloka Liga 1 menghadapi krisis dimana sebagian besar klub pesertanya mengancam memboikot Liga 1. Setidaknya ada 15 klub yang tergabung dalam Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia yang sudah melakukan pertemuan di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta, pada Rabu (4/10/2017).

Secara garis besar ada tiga tuntutan yang dilayangkan kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operatos liga, diantaranya aspek bisnis, legal, dan teknis.

Hal ini yang menjadi alasan Persiba Balikpapan untuk ikut tergabung dalam 15 klub yang memboikot Liga 1.
“Jadi tuntutan kita soal transparansi operator kompetisi. Ada tiga aspek, yakni aspek bisnis, aspek legalitas, dan aspek regulasi, semua tidak jelas,” ujar Sekretaris Umum Persiba Balikpapan, Irfan Taufik
Bahkan sebagian besar peserta forum mempertanyakan mengenai transparansi sumber sponsor, hak siar, pelaksanaan pertandingan live, formulasi ranking dan fee rating televisi.
"Kami dari 15 klub liga 1 ingin menyampaikan beberapa aspek yang menurut kami ingin kami sampaikan karena ekspektasi terhadap kualitas sepak bola masih belum kami rasakan sepenuhnya. Makanya kami bertemu secara rutin sejak awal dan tengah musim, hingga semalam. Kami ingin tak ingin melihat kualitas kompetisi yang mulai mencemaskan berlanjut hingga musim depan," tutur Syarifuddin Ardasa, asisten manajer Barito Putera seperti dikutip dari laman bola.com.
Persiba Balikpapan juga menyoroti prihal regulasi yang dianggapnya berubah-ubah. Sebagai contoh saat diputaran pertama setiap klub wajib memainkan pemain muda U-23 dibabak pertama selama 45 menit, namun diputaran kedua justru regulasi tersebut dihilangkan.
”Ini kan sudah pernah kita dengungkan, soal inkonsistensi PT Liga Indonesia Baru dalam menerapkan regulasi, setelah diberlakukan terus dihapuskan, itu kan coba-coba,kata Irfan Taufik.
Selain itu, Irfan menyoroti soal legalitas mengenai keberadaan dan status klub peserta Liga 1.
“Juga tidak jelas posisi (klub) dengan PT Liga Indonesia Baru itu seperti apa, apakah kemudian klub punya saham atau seperti apa itu juga belum tidak jelas. Pada prinsipnya adalah ketidakpuasan kami terhadap regulator kompetisi. PT Liga Indonesia Baru, agar transparansi itu harus segera dilakukan” ujarnya.

Daftar anggota Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia

Arema FC, Barito Putera, Bhayangkara FC, Madura United, Mitra Kukar, Persegres Gresik United, Persela Lamongan, Perseru Serui, Persiba Balikpapan, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Pusamania Borneo FC, Semen Padang, Sriwijaya FC.

Daftar Evaluasi

Aspek Bisnis: breakdown sumber dana, transparasi jumlah sponsor, transparasi share hak siar, pelaksanaan pilihan live pertandingan, formulasi ranking dan fee rating televisi, pilihan waktu pertandingan, transparansi penggunaan anggaran

Aspek Legal: legal standing hubungan PT LIB dengan klub, kejelasan pemilik modal, kejelasan perjanjian hak dan kewajiban PT LIB dan klub, hak gaji pemain yang dipanggil ke timnas

Aspek Teknik: regulasi kompetisi secara umum, penugasan wasit asing, kebijakan kompetisi usia muda, transparansi jumlah pertandingan home-away, implementasi fairness yang sering dipaksakan

Related Posts