Loading...

AFC Jatuhkan Sanksi untuk PSSI

AFC Jatuhkan Sanksi untuk PSSI

Liga1ina.com. Sidang Komite Etik dan Disiplin AFC, Jumat (27/10/2017) akhirnya menjatuhkan sanksi kepada berbagai federasi sepakbola di kawasan Asia dan salah satunya Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI).

Setidaknya ada 49 keputusan (sanksi) yang dijatuhkan AFC kepada berbagai federasi di Asia. Sementara Indonesia mendapat sanksi lantaran melanggar Pasal 65 Kode Disiplin dan Etik AFC yang berkaitan dengan ulah suporter.

Hal ini terjadi pada pertandingan SEA Games 2017, Malaysia yang mempertemukan Timnas Indonesia U-22 melawan Kamboja pada tanggal 24 Agustus 2017. Suporter Indonesia terbukti melakukan lemparan botol kepada kubu Kamboja dengan jumlah mencapai 50 hingga 60 botol.

Bukan hanya lemparan botol, salah satu suporter Indonesia juga terbukti merangsek ke tengah lapangan seusai pertandingan.

Atas insiden tersebut akhirnya AFC menjatuhkan sanksi berupa denda kepada PSSI sebesar 16 ribu dolar AS atau setara dengan Rp.217 juta dan harus dibayarkan dalam waktu 30 hari semenjak sanksi tersebut dikeluarkan. Selain itu AFC mengingatkan agar kejadian tersebut tak terulang lagi demi terhindar dari sanksi yang lebih berat.

Selain PSSI, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) juga terkena sanksi yang lebih berat dibanding Indonesia. FAM mendapatkan delapan sanksi sekaligus. Satu sanksi diberikan kepada pelatih Timnas Malaysia, Nelo Vingada dan satunyanya lagi diberikan kepada Safiq Rahim yang merupakan kapten Timnas Malaysia, sementara enam sanksi diberikan kepada FAM.

Selain Indonesia dan Malaysia, negera lainnya di Asia Tenggara seperti Vietnam, Kamboja, dan Laos juga mendapat sanksi AFC. Namun sanksi yang paling berat diberikan kepada Malaysia (FAM).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel