4 Klub Dominasi Rating TV Liga 1, Ini Kata Ketua PSSI

shares |

4 Klub Dominasi Rating TV Liga 1, Ini Kata Ketua PSSI

Liga1ina.com. Hari Selasa (10/10/2017) kemarin dilangsungkan pertemuan antara 15 klub peserta Liga 1, PT LIB selaku operator Liga 1 dan PSSI. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai siaran langsung pertandingan di televisi yang didominasi oleh beberapa klub saja. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi meminta agar semua klub jangan iri soal penayangan pertandingan di televisi.

Menurut Edy, ada 4 klub yang mendominasi rating TV diantaranya adalah Persib Bandung, Arema FC, Persija Jakarta dan Bali United. Sebagai contoh dari data diketahui hingga pekan ke-28, Persib Bandung hampir selalu ditayangkan TV yakni selama 25 laga. Sementara itu, Perseru Serui saat bermain dikandang tak mendapatkan jatah siaran langsung.
"Soal rating televisi urusan pihak televisi, mereka juga punya hak untuk memilih mana partai yang disiarkan langsung dengan pertimbangan bisnis. Tentu pihak televisi butuh penonton banyak," kata Edy seperti dikutip dari Bola.com.
Soal keuntungan hak siar memang tergantung dari rating TV. Klub yang memiliki rating tinggi tentu akan mendapatkan keuntungan besar. Atas dasar itulah 15 klub meminta agar PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator liga mengevaluasi jadwal pertandingan.

Sementara itu pihak Persib Bandung yang memiliki rating tinggi serta terbanyak dalam siarang langsung di tevelisi menegaskan Persib bukanlah anak emas PSSI.
"Persib anak emas? Kami sekarang peringkat ke-11, juga banyak pertandingan Persib digelar pada hari kerja," kata Umuh.
Sebelumnya 15 klub sempat mengancam akan mogok meminta kejelasan mengenai pembagian keuntungan dari siaran langsung tevelisi, sponsor, regulasi, gaji pemain yang dipanggil Timnas Indonesia dan lainnya. Namun hal ini sudah selesai dibahas dan mendapat titik terang. Kompetisi Liga 1 akan tetap dijalankan hingga selesai.
"Semuanya sudah dibicarakan secara kekeluargaan. Ini hanya salah paham saja," kata manajer Bhayangkara FC, Sumardji.

Related Posts