Loading...

Tak Perduli Sanksi KOMDIS, Viking Persib Tampilkan Koreo Save Rohingya

Tak Perduli Sanksi KOMDIS, Viking Persib Tampilkan Koreo Save Rohingya

Liga1ina.com. Ada yang menarik saat pertandingan Persib Bandung kontra Semen Padang pada lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 pekan ke 23, Sabtu (9/9). Berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Kali ini Persib Bandung mendapat dukungan langsung dari suporter fanatiknya.

Puluhan ribu suporter memadati Stadion, namun yang menarik adalah koreo yang ditampilkan salah satu kelompok suporter Persib yakni Viking Persib Club (VPC) yang menuliskan kata-kata "Save Rohingya".

Padahal sebelumnya suporter Persib Bandung baru saja selesai menjalani hukuman sebanyak lima kali pertandingan tak boleh menonton langsung ke Stadion akibat ulah oknum suporter yang melakukan kerusuhan saat kontra Persija Jakarta beberapa pekan kebelakang.

Koreo "Save Rohingya" bisa jadi sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat Rohingya yang saat ini tengah menghadapi ketidak pastian dalam hidupnya. Konflik antara penduduk Rohingya di wilayah Rakhine, Myanmar dengan junta militer Myanmar memang tengah menjadi sorotan dunia. Hal tersebut membuat warga Rohingya mengungsi ke negara-negara tetangga seperti Bangladesh, Malaysia, dan Indonesia, demi menghindari kekerasan dan terus bertahan hidup.

Koreo yang ditampilkan cukup rapi dimana kata "Save" ditampilkan dengan warna putih dan merah, sementara kata "Rohingya" berwarna biru dan putih.

Namun hal itu bisa saja berakibat sanksi baru dari Komdis PSSI, pasalnya dalam sepakbola dan aturan internasional bahwa pesan atau simbol politik sebaik apapun dilarang ditampilkan di Stadion atau lapangan.

Jangankan bermuatan politik, pesan yang bisa dikatakan sangat baik juga dilarang. Hal ini terbukti saat Irfan Bachdim melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan. Saat itu Irfan Bachdim membuka sedikit Jerseynya dan dibagian belakang terdapat tulisan Catur Juliantono. Sontak saja wasit saat itu langsung mengganjar kartu kuning pada Irfan. Padahal Irfan Bachdim saat itu hendak menyampaikan pesan belasungkawa atas meninggalnya salah satu suporter Timnas Indonesia, Catur Juliantono.

Mundur lagi ke belakang, ada Persija Jakarta, (23/06/17) lalu yang didenda Rp30 juta karena suporternya, Jakmania, membentangkan spanduk yang dianggap bernada SARA yang bertuliskan ‘Jangan Ganggu Ulama Kami Menyampaikan Kebenaran’.

Oleh karena itu, berdasarkan aturan kompetisi Liga 1 2017 yang mengacu pada Law of The Game FIFA, bisa saja Persib mendapatkan sanksi. Tapi tetap saja, persetan kepada hukuman! Bobotoh mengklaim ini soal kemanusiaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel