Piala Dunia di Indonesia, 10 Stadion ini Layak Digunakan, Lihat No 9 Paling Mantap

shares |

Liga1ina.com. PSSI membuka wacana akan menggelar Piala Dunia tahun 2034 mendatang. Niatan besar tersebut diutarakan saat pertemuan anggota AFF di Nusa Dua, Bali pada 23-24 September 2017 kemarin.

Semua negara anggota AFF memberikan lampu hijau dan mendukung langkah Indonesia tersebut. Namun Indonesia tak sendiri, Thailand akan menjadi partner perhelatan akbar sepakbola sejagat ini.

Kans negara wilayah ASEAN menghelat Piala Dunia terbuka lebar, pasalnya ditahun tersebut semua benua pernah merasakannya. Tinggal wilayah negara-negara AEAN yang belum pernah sama sekali. Apalagi Indonesia dan Thailand adalah basis sepakbola terbesar ASEAN dengan dukungan suporter yang melimpah.

Beberapa waktu kedepan Indonesia akan menggelar ASIAN GAMES 2018, bisa jadi ajang tersebut sekaligus sebagai promisi Indonesia akan suksesnya menggelar olah raga multi event terbesar ASIA. Presiden Joko Widodo memberikan restu dan dukungan penuh pada PSSI untuk melakukan bidding sebaik mungkin agar lolos jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.
"Presiden sudah menyetujui. Ini ada permintaan dari AFF untuk Indonesia menjadi tuan rumah World Cup 2034," kata Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki seperti dilansir Detik.
"Bagi Presiden ini memang harus diambil karena dengan kita ingin atau menunjukkan tekad keinginan untuk menjadi tuan rumah World Cup itu akan melecut kita untuk berbenah. Tanpa ada yg melecut begitu kita tidak akan mungkin punya persiapan-persiapan yang lebih baik," tutup Teten.
Maka dipastikan, infra struktur terutama yang berkaitan dengan sepakbola akan dibenahi dan ditingkatkan. Seperti halnya fasilitas Stadion bertarap internasional dengan akses jalan yang memadai. Berkaca pada Piala Dunia 2002 lalu di Korea Selatan dan Jepang, masing-masing negara menyiapkan 10 Stadion. Maka jika Piala Dunia 2034 mendatang jadi di Indonesia dan Thailand, setidaknya masing-masing negara menyiapkan 10 Stadion. Untuk itu, persiapan harus dimulai secepat mungkin dimana waktu untuk bidding akan dimulai tahun 2026. Namun insra struktur harus mulai dipersiapkan dari sekarang. Berikut ini kami berikan Stadion-stadion yang bisa digunakan untuk ajang Wold Cup 2034.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Stadion Utama Gelora Bung Karno

Jelas, stadion ini terletak di Ibu Kota sehingga menjadi pilihan utaman Stadion untuk Piala Dunia 2034. Apalagi saat ini Stadion GBK tengah direnovasi untuk menggelar ASIAN Games 2018. Stadion sarat sejarah tersebut diperindah dengan pemasangan single seat bermotif merah dan putih. Saat inipun sudah terlihat sangat megah meski pemasangan single seat akan mengurangi kapasitas stadion. Jika digunakan untuk Piala Dunia, ada baiknya lintasan atletic dihilangkan terlebih dahulu dan dipasang tribun untuk menambah kapasitas, bisa menggunakan tribun portabel yang bisa dilepas atau digeser seperti yang ada di Stadion Liga Inggris.

2. Stadion Pakansari Sicinong, Bogor
Kapasitas: 30.000 penonton
Stadion Pakansari Sicinong, Bogor

Bergeser sedikit dari Jakarta, ada stadion Pakansari yang terletak di Cibinong, Bogor. Stadion ini bahkan masuk nominasi terbaik di ASIA. Entah dari mana penilaiannya, yang pasti Kota Bogor layak menggelar Piala Dunia Maka Stadion Pakansari harus direnovasi total dengan menambah kapasitas tribun untuk suporter. Lintasan atletic bisa dihilangkan untuk tribun.

3. Stadion Gelora Bandung Lautan Api
Kapasitas: 38.000 penonton
Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Sebagai ibu kota Jawa Barat dan dekat dengan Jakarta, sudah pasti Kota Bandung harus ikut bagian dalam perhelatan Piala Dunia 2034 mendatang. Apalagi Bandung sudah memiliki stadion bertaraf internasional yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang bisa disebut salah satu stadion megah di Indonesia. Kandang dari Persib Bandung ini memiliki kapasitas 38.000 penonton, cukup sedikit untuk perhelatan akbar Piala Dunia. Setidaknya harus kembali direnovasi hingga mencapai minimal 50.000 atau 60.000 penonton. Maka opsi perbesaran Stadion harus dilakukan, lintasan atletik sebisa mungkin harus diganti dengan tribun penonton.

4. Stadion Mandala Krida Yogyakarta
Stadion Mandala Krida Yogyakarta

Jogjakarta sudah dikenal dikancah dunia sebagai tempat wisata yang sangat menyenangkan. Tentu saja jika Piala Dunia juga dihelat di DIY maka akan meraik wisatawan besar dari seluruh penjuru dunia. Stadion yang bisa digunakan adalah Stadion Mandala Krida yang terletak ditengah kota. Namun saat ini Stadion Madala Krida masih jauh dari harapan untuk menggelar Piala Dunia sekalipun saat ini tengah direnovasi. Nanggung renovasinya, kenapa gak besar dan mewah sekalian?

5. Stadion Manahan Solo
Stadion Manahan Solo

Untuk mewakili Jawa Tengah maka Stadion Manahan, Solo sangat layak digelar. Apalagi jaraknya cukup dekat dari Kota Yogyakarta sehingga penggemar sepakbola dari seluruh dunia bisa dengan mudah menuju kedua Stadion di dua kota tersebut.

6. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya
Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya markas dari Perseba Surabaya bisa dikatakan sebagai stadion terbesar saat ini. Mampu menampung pentonton cukup banyak. Hanya perlu polesan lebih baik lagi agar telihat lebih mewah dan megah.

7. Stadion Kapten I Wayan Dipta. Bali
Stadion Kapten I Wayan Dipta. Bali

Tak dipungkiri, Bali menjadi salah satu tempat di Indonesia yang memiliki daya tarik tinggi bagi turis mancanegara. Maka dipastikan kalau perhelatan akbar sepakbola Piala Dunia digelar di Bali, akan banyak turis dari seluruh dunia menuju Indonesia, khususnya Bali. Bisa jadi, setelah menyaksikan pertandingan di stadion lain di Indonesia, para turis sebelum pulang ke negaranya akan piknik dulu ke Bali.

8. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Stadion ini tak asing lagi bagi publik ASEAN, stadion ini kerap digunakan untuk ajang internasional seperti SEA Games beberapa tahun kebelakang. Tentu saja masih banyak yang harus direnovasi dan dipermegah lagi.

9. Stadion Batakan, Balikpapan
Stadion Batakan, Balikpapan

Mewakili kawasan Kalimantan, maka Stadion Batakan sangat layak digunakan untuk Piala Dunia, saat ini memang belum 100 persen jadi namun sudah terlihat kemegahannya saat digunakan oleh Persiba Balikpapan di Liga 1. Tinggai dilengkapi single seat serta akses jalan memadai, Stadion akan menjelma menjadi yang terbaik di Indonesia bahkan ASEAN.

10. Lombok atau Papua
10. Lombok atau Papua

Dua wilayah ini layak dijadikan tuan rumah Piala Dunia. Persipura adalah tim kebanggaan Papua yang sarat prestasi. Demi pemerataan pembangunan infrastuktur terutama Stadion, maka Papua layak dipilih sebagai tuan rumah. Stadion Mandala, Papua bisa direnovasi lebih baik lagi. Atau pemerintah bisa memilih Lombok sebagai opsi dimana wisata Lombok sangat indah dan sudah terkenal hingga mancanegara. Keindahan Lombok bahkan bisa diadu dengan Bali. Sayangnya, hingga saat ini prestasi sepakbola Lombok belum terdengar sama sekali. Demi pemerataan sepakbola, maka Lombok layak menggelar Piala Dunia.

Related Posts