Ngeri Bro! Inilah Penampakan Timnas Indonesia Dimasa Depan

shares |

Ngeri Bro! Inilah Penampakan Timnas Indonesia Dimasa Depan

Liga1ina.com. Asia Games 2017 dan Piala AFF U-18 Myanmar sudah selesai digelar. Meski Indonesia gagal menjadi yang terbaik didua kompetisi tersebut, namun publik sudah mengetahui kualitas para pemain Timnas Indonesia dari dua kelompok umur tersbeut. Publik mulai berandai-andai jika sosok-sosok pemain yang tampil kemarin bisa mewakili skuad Timnas Indonesia dimasa mendatang.

Meski Timnas Indonesia U-19 gagal menjadi juara dan hanya menempati posisi ketiga, namun sang pelatih Indra Sjafri mengungkapkan bahwa timnya dibentuk bukan sekedar memburu gelar juara melainkan bagaimana mempersiapkan generasi-generasi penerus untuk Timnas Indonesia yang akan datang.

Mantan pelatih Bali United tersebut memboyong 23 pemain ke Myanmar. Semuanya mendapat kesempatan bermain lebih dari 30 menit. Hanya satu pemain yang tak dimainkan yakni penjaga gawang Gianluca Pagliuca Rossy. Tujuan Indra Sjafri jelas ingin melakukan rotasi para pemainnya agar mendapat kesempatan bermain dan menambah pengalaman.
“Saya bahagia, hampir semua pemain kami mainkan di turnamen ini minus Rossy. Bisa kita lihat tidak ada perbedaan, kualitas hampir sama di tim kita. Ini penting karena kami menyiapkan generasi baru individu-individu pemain untuk Timnas selanjutnya," ucap Indra, Minggu (17/09/17).
Dari penampilan Timnas Indonesia U-22 dan Timnas Indonesia U-19 sudah mulai terlihat wujud Timnas Indonesia dimana mendatang. Semua lini akan diisi oleh pemain-pemain bertalenta terbaik.

Penjaga Gawang

Indonesia tak kekurangan stok penjaga gawang. Dibawah mistar gawang Timnas Indonesia mendatang nama Satria Tama rasanya cukup pas dipasang sebagai penjaga gawang utama. sebagai cadangannya ada nama Kurniawan Kartika Aji dan Muhammad Riyandi yang juga tampil menawan di Piala AFF U-18, sayang kita tak bisa melihat lebih lama Muhammad Riyandi dikompetisi tersebut lantaran terkena cedera.

Pertahanan

Lini pertahanan Timnas Indonesia memang kerap menjadi sorotan. Namun belakangan di skuad Timnas U-22 maupaun Timnas U-19 sudah terlihat bakat-bakat menjanjikan untuk mengawal bagian vital dilini belakang Timnas Indonesia. Nama Hansamu Yama memang tak asing lagi bagi kita, sementara tandemnya ada nama Rachmat Irianto yang tampil gemilang di Timnas Indonesia U-19. Keduanya bisa menjadi benteng kokoh dipertahanan. Sementara posisi bek sayap juga ada nama-nama beken seperti Putu Gede dan Rezaldi Hehanusa. Keduanya menjadi andalan di Timnas U-22 SEA Games 2017 lalu. Namun kali ini mereka akan dilapisi oleh M. Rifad Marasabessy, Samuel Christianson, dan Nurhidayat Haris dari skuad Timnas U-19.

Tengah

Evan Dimas Darmono menjadi ruh bagi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 lalu. Hadirnya Evan Dimas membuat permainan Indonesia tampil sangat baik, serangan juga semakin tersusun dengan rapi dan sering memberikan umpan memanjakan bagi para striker. Peran Evan Dimas tak akan sendirian, dia akan ditemani oleh M Lutfi Kamal yang juga menunjukkan penampilan berkelas di Piala AFF U-18 dan menjadi motor setiap kemenangan Timnas di Piala AFF U-18 kemarin.

Pelapisnya ada nama Witan Sulaiman yang memiliki penguasaan bola yang kuat layaknya Evan Dimas, visi bermainnya jelas dan mampu memberikan umpan terukur yang memanjakan para penyerang. Witan Sulaiman juga kerap mencetak gol. Atau bisa jadi ketiga pemain ini dipasang bersamaan untuk menciptakan gaya tiki taka mematikan dilini tengah jika formasi yang dipasang 4-3-3.

Tetapi jika formasinya adalah 4-4-2, Evan Dimas bersama Lutfi bisa menjadi roh dilini tengah, atau opsi lainnya adalah Witan Sulaiman dengan tipikal sama seperti Evan Dimas. Maka sayapnya tinggal mempercayakan kepada Septian David Maulana dan Febri Hariyadi yang memiliki skill tinggi dan Speed.

Depan

Lini depan di skuad Garuda tak ada nama lain selain dua nama ini yakni Egy Maulana Vikri dan Rafli Mursalim. Dua striker Timnas Indonesia U-19 ini memiliki insting pencetak gol yang baik. Egy Maulana disebut sebagai Lionel Messi Indonesia lantaran selain mampu mencetak gol dengan baik, Egy juga memiliki dribling yang kuat. Sementara Rafli Mursalim tampil menjanjikan dilini depan Timnas U-19 dengan insting gol yang kuat. Sedikit mengocek bola, sepakannya langsung menghujam ke gawang lawan.
Ngeri Bro! Inilah Penampakan Timnas Indonesia Dimasa Depan

Dengan para pemain ini maka Timnas Indonesia diharapkan mampu berbicara lebih di sepakbola Internasional. Gaya permainan yang sudah tertanam dijiwa mereka harus semakin dimatangkan. Perpaduan Indra Sjafri dengan gaya penguasaan bola kuat serta umpan-umpan pendek ala Barceloa dipadukan dengan gaya permainan Spanol ala Luis Milla, rasanya Indonesia akan kembali menjadi Macan Asia.

Related Posts