Aji Santoso Ingatkan Timnas U-19 Waspada akan Karakter Permainan Thailand

shares |

Aji Santoso Ingatkan Timnas U-19 Waspada akan Karakter Permainan Thailand

Liga1ina.com. Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga berat melawan Thailand dibabak semifinal Piala AFF U-18, Jumat (15/9) pukul 15:30 WIB. Egy Maulana dkk harus bekerja keras demi meraih tiket ke babak Final.

Aji menambahkan skuad Indra Sjafri jangan terlalu silau dengan nama besar Thailand. Menurut pengamatannya Timnas Indonesia U-19 memiliki kualitas permainan yang lebih baik ketimbang Thailand.
"Selama ini persoalan mental menjadi yang paling dominan. Padahal di kelompok usia seperti ini kekuatan mereka dengan kita relatif sama. Jangan lupa, bahwa mereka sudah persiapan cukup lama, seharusnya mereka percaya pada proses yang mereka jalani," ujar Aji. 
Para pemain Timnas U-19 harus bisa menunjukkan kembali semangat besar saat mengalahkan Brunei dengan skor telak 8-0 dan lolos ke babak semifinal. Aji juga mengingatkan lini pertahanan Garuda Nusantara yang masih memiliki celah sehingga mampu ditembus oleh Vietnam dan mencetak tiga gol.

Transisi penyerangan kebertahan dinilai sangat buruk sehingga pelatih Indra Sjafri harus mampu memperbaiki lini belakang anak asuhnya. Apalagi Thailand memiliki pola permainan yang rapi dengan kemampuan merusak pertahanan lawan.

Menghadapi Thailand, Timnas U-19 harus bisa merapatkan barisan pertahanan, apalagi saat ini penjaga gawang dipercayakan kepada ke penjaga gawang kedua, Aqil Savik setelah M Riyandi cedera.
"Aqil Savik harus percaya diri agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya," kata Aji.
Aji memprediksikan gaya permainan Thailand akan lebih menunggu para pemain Timnas U-19 keluar dari lini pertahanan. Mereka akan bermain mengandalkan serangan balik yang cepat dan rapi. Hal itu juga diterapkan oleh Vietnam sehingga mampu membungkam Indonesia dengan skor telak.
"Itu ciri khas Thailand. Mereka sangat pandai memancing lawan untuk keluar. Setelah itu, dengan mengandalkan kecepatan pemain depan dan gelandang tengah dan kedua sayapnya, mereka melancarkan serangan mematikan," terang Aji.

Related Posts