Loading...

Wasit Asing akan Terapkan Teknik Berbeda Saat Pimpin Pertandingan Liga 1

Wasit Asing akan Terapkan Teknik Berbeda Saat Pimpin Pertandingan Liga 1

Liga1ina.com. Enam wasit asing yang terdiri dari 3 wasit asal Australia dan 3 wasit asal Kyrgyzstan akan mulai bertugas di Liga 1 Indonesia pada pekan ke 18.

Wasit utama asal Australia, Shaun Robert Evans menegaskan sudah siap memimpin pertandingan di Liga 1, dia juga sudah mempelajari banyak hal tentang Liga 1 Indonesia.

Dari segi pengalaman, Evans pernah memimpin empat pertandingan di Liga Super Tiongkok 2014, serta pernah memimpin laga internasional antara Arab Saudi kontra Qatar pada 2015 lalu.
"Saya datang ke sini untuk membantu dan memantapkan standar tertinggi seperti yang kami lakukan di A-League. Kami pasti akan melakukan yang terbaik dan menjadi contoh yang baik bagi liga teratas di Indonesia. Dan kami siap untuk memimpin di akhir pekan ini," kata Evans, seperti dikutip laman resmi PSSI.
Dia menyadari ada perbedaan tekanan antara Liga utama Australia dan Liga 1 Indonesia. Meski begitu dia akan berusaha bekerja dengan baik dan profesional dalam memimpin dan memutuskan sesuatu di lapangan.
"Kami akan perlihatkan teknik yang sedikit berbeda dalam tiap pertandingan. Yang terpenting adalah menenangkan situasi, dan memastikan sepakbola tetap menarik bagi kedua tim dan penonton, sembari tetap menjaga kualitas dan kesan pertandingan yang baik. Semoga kami bertiga dan rekan (dari Kyrgyzstan) selalu dapat melakukan keputusan yang benar dalam pertandingan, dan semoga semua berjalan lancar," tutur wasit yang mendapatkan lisensi wasit FIFA pada 2016 itu.
"Kami akan melakukan pendekatan berupa sikap tubuh dan isyarat tangan yang tegas, kami akan gunakan sikap yang mudah dipahami semua pemain sepakbola di seluruh dunia. Intinya gunakan banyak bahasa tubuh untuk mengekspresikan sikap sebagai pengadil. Kami juga belajar beberapa dasar di bahasa Indonesia seperti ya atau tidak," bebernya.
Meski begitu, dia menyadari bahwa wasit juga manusia dan tak ada yang sempurna hingga 100 persen. Hanya saja dia akan berusaha menjadi pengadil lapangan sebaik mungkin.
"Dan semoga bisa jadi panutan yang baik bagi kawan-kawan wasit yang ada di sini, dan berbagi ilmu yang berbeda berdasarkan pengalaman kami. Kami sangat senang mendengarkan masukan dan saran tentang sepakbola Indonesia," harapnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel