Main Penuh Emosi, Jacksen F Tiago Sebut Timnas Wajah Kompetisi Indonesia

shares |

Main Penuh Emosi, Jacksen F Tiago Sebut Timnas Wajah Kompetisi Indonesia

Liga1ina.com. Timnas Indonesia U-22 sukses mengalahkan Kamboja dipertandingan terakhir Grup B SEA Games 2017. Oleh sebab itu, Indonesia berhak menemani Thailand untuk maju ke babak Semifinal. Namun sayangnya ada harga yang mahal yang harus dibayar tim Luis Milla, pasalnya tiga pemain Indonesia harus absen lantaran akumulasi kartu kuning.

Dilaga yang penuh emosi tersebut, wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning dengan lima kartu kuning untuk Timnas Indonesia U-22. Alhasil tiga pemain Indonesia yakni Hansamu Yama, Muhammad Hargianto, dan Marinus Mariyanto Wanewar harus absen saat lawan Malaysia di semifinal pada hari Sabtu (26//8/2017) pukul 19.45 WIB.

Pelatih Barito Putera, Jacksen F Thiago turut berkomentar atas insiden kartu kuning tersebut. Dirinya memahami apa yang dialami oleh Evan Dimas dkk mengingat laga lawan Kamboja sarat dengan emosional.
"Mereka masih berusia muda, emosi labil, dan tampil dalam tekanan yang sangat tinggi. Jangan lupakan insiden di Malaysia soal bendera dan hal-hal lain yang pasti berdampak ke pemain." kata Jacksen seperti dikutip dari bolasport.
Sikap pemain yang melakukan protes berlebih serta tak bisa mengontrol emosi sehingga ribut dengan pemain lawan dianggap sebagai gambaran dari kompetisi sepakbola dalam negeri Indonesia.
"Kita harus jujur, kompetisi di Indonesia mendidik para pemainnya untuk emosional dan kerap lepas kontrol," kata Jacksen F. Tiago.
Sebagai contoh dalam situasi yang sebenarnya tak membahayakan gawang namun para pemain justru terbiasa melakukan pelanggaran yang bisa memancing wasit memberikan kartu kuning.
"Hal seperti itu seperti kebiasaan pemain kita saat tampil di kompetisi dalam negeri. Ayolah, kita introspeksi diri dengan memperbaiki kualitas kompetisi untuk memengaruhi wajah timnas di laga internasional," tambahnya.
Jacksen mengingatkan bahwa pasukan Luis Milla mengemban harapan yang amat besar agar dari masyarakat Indonesia agar mampu membawa pulang medali emas di SEA Games 2017 kali ini.
"Skor 2-0 sangat bisa diterima. Tidak mudah bagi Evan Dimas dkk mengeluarkan kemampuan terbaik ketika keletihan bermain di turnamen yang padat. Plus harapan besar masyarakat Indonesia ditambah kebiasaan emosional di kompetisi dalam negeri," ujar Jacksen lagi.

Related Posts