Suporter Rencanakan Koreografi Bendera Palestina, Panpel Persija Beri Peringatan

shares |

Suporter Rencanakan Koreografi Bendera Palestina, Panpel Persija Beri Peringatan

Liga1ina.com. Pekan terakhir Gojek Traveloka Liga 1 untuk putaran pertama akan mempertemukan Persija Jakarta melawan Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (29/7/2017). Suporter Persija yakni The Jakmania sudah merencanakan akan membuat koreografi bendera Palestina di tribun selatan Stadion Patriot.

Namun hal itu ditentang oleh Panpel pertandingan Persija, Arief Perdana Kusuma. Pasalnya hal itu tak diperbolehkan dan akan membuat Persija terkena Sanksi oleh Komisi Disiplin (KOMDIS) PSSI.
"Koreografi seperti itu tidak diperbolehkan. Nanti Panpel bisa kena denda," ucap Arief dikutip dari laman INDOSPORT.
Aksi suporter Persija ini merupakan bentuk dukungan bagi Palestina yang saat ini tengah bergejolak akibat penutupan akses menuju Masjid Al Aqsa oleh tentara Israel.

Kebijakan Israel itu memicu demonstrasi besar-besaran yang berakhir dengan kericuhan dan menyebabkan 50 demonstran terluka, termasuk empat di antaranya merupakan petugas medis.

Atas insiden tersebut, beberapa suporter di tanah air kerap membentangkan bendera Palestina sebagai bentuk solidaritas dan dukungan kepada Palestina.

Persija Jakarta sendiri pernah didenda Rp.30 juta lantaran aksi yang sama, saat itu ada bentangan spanduk dukungan terhadap ulama di Indonesia. KOMDIS beranggapan hal itu termasuk dalam unsur Suku, Agama, Ras dan Aliran atau disingkat menjadi Sara.
“Persija didenda karena suporter Persija Jakarta terbukti membentangkan spanduk yang berisikan sara dan melempar petasan pada pertandingan PS TNI melawan Persija Jakarta,” tulis keputusan Komdis PSSI waktu itu.

Related Posts