Ketika AFC Sebut Persib Bandung Sebagai Klub Terpopuler di Asia

shares |

Ketika AFC Sebut Persib Bandung Sebagai Klub Terpopuler di Asia

Liga1ina.com. Jika ada yang bertanya klub mana di Indonesia yang paling makmur dengan dukungan finansial yang kuat, maka para pencinta sepakbola tanah air yang faham akan sepakbola pasti sepakat menjawab Persib Bandung.

Maka tak heran, Persib yang dibelakangnya didukung penuh oleh berbagai perusahaan berskala nasional dan internasional tersebut tak sungkan menggelontorkan dana untuk berbelanja pemain. Nama Michael Essien dan Carlton Cole menjadi pembuktian "Pangeran Biru" seberapa besar dana yang dimiliki Persib. Bahkan putaran kedua nanti Persib juga masih akan berburu pemain baru demi menambal kekurangan tim saat ini.

Selain kekuatan finansialnya, Persib juga memiliki pendukung fanatik yang disebut "Bobotoh". Militansi suporternya tak perlu diragukan lagi sehingga Bobotoh seakan menjadi nyawa kedua Persib. Maka tak salah jika Bobotoh layak disebut sebagai suporter terloyal di Indonesia, hampir dimanapun Persib bermain di Indonesia maka Bobotoh selalu ada memberikan dukungan secara langsung. Bahkan jika Persib tengah bermain diluar daerah, disemua penjuru kota Bandung hingga Jawa Barat seakan masyarakatnya rela meluangkan waktu untuk menonton siaran langsungnya ditelevisi.

Didunia maya Bobotoh bisa dikatakan tergaduh, Facebook, Twitter hingga instagram yang memposting masalah Persib Bandung maka disitulah Bobotoh akan muncul meramaikan postingan. Apalagi jika Persib bermain distadion yang sudah pasti dipadati para suporter Biru.

Contoh teranyar adalah bagaimana Bobotoh hampir menjatuhkan Djadjang Nurdjaman dari kursi kepelatihan. Dalam kasus ini, kekuatan Bobotoh sangat kentara dalam menggunakan medsos sebagai alat perlawanan. Beruntung, suasana kembali aman terkendali.

Bahkan militansi Bobotoh dudunia maya semakin membuat Persib Bandung populer hingga dunia. Sobat tak percaya? Dalam situ remsi AFC sebagai induk organisasi sepakbola tertinggi Asia juga menyinggung soal Persib yang merupakan klub terpopuler di kawasan Asia ( Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sebut Persib merupakan klub terpopuler di Asia). Cukup Membanggakan, bukan? Apalagi, jika melihat nama-nama klub yang dikangkanginya semacam Guangzou Evergrande dari China dan Al Hilal asal Arab Saudi.

AFC menggunakan indikator media sosial untuk menilai Persib sebagai klub terpoluler di Asia. Facebook misalnya, akun resmi Persib di Facebook bahkan diikuti oleh 9,5 juta lebih.
“Klub raksasa Indonesia Persib Bandung--yang menjadi klub dari mantan bintang Chelsea dan Real Madrid Michael Essien--bisa dinyatakan sebagai klub terpopuler di Asia,” tulis AFC. 
Sebelumnya disitus thetoptens.com memuat daftar klub paling terkenal didunia, maka Maung Bandung berada diposisi ke-enam. Klub raksasa seperti Arsenal, Juventus, Liverpool, dan AC Milan mampu dikalahkannya.

Meski demikian, Popularitas Persib Bandung didunia memang tak perlu diragukan lagi, tapi kalau urusan prestasi, rasanya di putaran pertama Gojek Traveloka Liga 1 musim 2017 ini Persib seakan tak berdaya meski diperkuat pemain Top dunia seperti Michael Essien dan Carlton Cole. Tapi peluang Persib untuk mampu mempertahankan gelar juara Liga Indonesia masih terbuka lebar, putaran kedua mau tak mau Persib harus mampu bangkit demi harga diri sebagai tim paling kaya di Indonesia.

Related Posts