Loading...

Akhirnya, Putaran Kedua Liga 1 akan Dipimpin Wasit Asing

Akhirnya, Putaran Kedua Liga 1 akan Dipimpin Wasit Asing

Liga1ina.com. Akhirnya putaran kedua kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 akan menggunakan jasa wasit asing. Hal ini sudah diputuskan oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator liga.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Berlington Siahaan mengatakan setiap pekan diputaran kedua Liga 1 nantinya akan dipimpin oleh wasit asing. PT LIB juga sudah berkoordinasi dengan PSSI dan nantinya akan dibantu oleh AFC.
"Kami sudah berkomunikasi dengan PSSI dan dari Pak Ketum sangat menyetujui dengan rencana itu. Setiap pekan misal ada tujuh sampai sembilan laga, 50 persen pakai wasit asing yang berlisensi FIFA karena di dalam negeri memang masih sedikit wasit yang berlisensi FIFA," kata Berlington, Selasa (18/7/2017) di Jakarta Selatan.
Keputusan PT LIB untuk menggunakan jasa wasit asing setelah melakukan evaluasi diputaran pertama, setidaknya 8 wasit lokal di istirahatkan karena telah mengeluarkan keputusan kontroversional pada pertandingan. PT LIB ingin kualitas pertandingan Liga 1 bisa lebih ditingkatkan dengan adanya wasit luar berstandar FIFA.
"Kami tidak mengatakan teman-teman (wasit) Indonesia buruk. Tapi ini untuk pembelajaran bersama, sama-sama introspeksi," imbuhnya.
Sementara mekanisme penggunaan wasit nantinya akan melibatkan Federasi Sepakbola Asia (AFC).
"Secara administrasi, kami minta ke PSSI lalu PSSI bersurat ke AFC, dari AFC berkomunikasi dengan federasi yang bersangkutan. Nama wasit dan negaranya AFC yang menentukan," imbuh Tigor Shalom Boboy, Sekretaris PT LIB.
Sementara wasit asing yang akan digunakan di Liga 1 nantinya adalah wasit tengah, sementara asisten wasit masih menggunakan jasa wasit lokal. Ditanya mengenai kisaran gaji yang diberikan, PT LIB masih enggan membocorkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel