Loading...

Timnas Indonesia U-16 Waspada Terkena Racun 'Ekspektasi'

Timnas U-16 Indonesia Waspada Terkena Racun 'Ekspektasi'

Liga1ina.com. Timnas Indonesia U-16 bersiap menghadapi laga sesungguhnya di Piala AFF U-15, Thailand tanggal 9-22 Juli 2017. Sebelumnya, modal berharga didapat anak asuh Fakhri Husaini saat menjuarai turnamen segi empat Tien Phong, Plastic Cup 2017 di Vietnam.

Nama-nama seperti Brylian Negiehta, Hamsah Lestaluhu, dan Rendy Juliansyah menjadi pemain yang paling banyak diburu media, Rendy sukses menjadi Top skor dalam kompetisi tersebut, sementara Lestaluhu menjadi pemain terbaik. Pemberitaan tentang mereka ramai di media sosial serta media-media online lainnya.

Fakhri Husaini turut mengomentari akan hal itu, apresiasi terhadap pencapaian Timnas Indonesia U-16 ibarat dua sisi yang bisa menguntungkan dan merugikan tim. Pasalnya, anak-anak terancam memiliki rasa jumawa atau sombong, dan itu tentu saja menjadi sisi negatif bagi mereka.
“Apresiasi sejalan dengan ekspektasi dan bila mereka tak mampu menyikapinya dengan benar akan menjadi racun yang merusak keutuhan tim. Saya tidak ingin salah satu atau beberapa pemain merasa jemawa karena memang belum waktunya,” kata Fakhri.
"Itu yang membuat kami harus membatasi wawancara dan ekspos yang berlebihan atas mereka. Saya harap teman-teman wartawan bisa mengerti bila kami membatasi wawancara dengan pemain," tambahnya.
Menurut Fakhri, kesuksesan Garuda Asia di Vietnam tak lepas dari kerjasama tim dan bukan perorangan. Terbukti, menghadapi 3 negara di Vietnam Fakhri memasangkan pemain yang berbeda dan semuanya sama baiknya. Formasi yang disung mungkin sama yakni 4-3-3, tapi siapa yang dimainkan tak akan mudah dibaca lawan.
“Timnas U-16 bisa dibagi menjadi dua tim sama kuat. Kalau dari formasi, calon lawan mungkin bisa membaca karena kami selalu bermain dengan 4-3-3. Tapi, soal siapa yang akan turun, itu yang tak bisa dibaca," kata Fakhri.
"Sejauh ini siapa yang dipasang tak masalah, tapi tetap harus ada dua atau tiga pemain yang tetap menghuni starting line-up di setiap laga,” ujarnya.
Sebelum berangkat ke Thailand, kabarnya Timnas Indonesia U-16 akan melakukan laga uji coba terakhir dengan tim lokal, namun belum diketahui klub mana yang dimaksud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel