Turnamen Toulon 2017, Brasil Susah Payah Kalahkan Timnas Indonesia U-19

shares |

Turnamen Toulon 2017, Brasil Susah Payah Kalahkan Indonesia

Liga1ina.com. Pertandingan perdana Timnas Indonesia U-19 di kompetisi Toulon 2017 melawan Brasil berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Brasil U-20. Pertandingan ini digelar di Stadion d'Honneur Marcel Roustan, Kamis (1/6) dini hari WIB.

Secara keseluruhan, penampilan Timnas Indonesia U-19 sangat menjanjikan, bahkan mereka sanggup mengimbangi pemain Brasil. Hanya saja dipertandingan ini keberuntungan masih berpihak kepada Brasil. Meski kalah tipis 1-0, permainan Timnas Indonesia banyak mendapat pujian, bahkan komentator terdengar beberapa kali mengatakan permainan Garuda Muda sangat baik, bisa dikatakan ini seperti permainan gaya Spanyol dengan umpan-umpan pendek terukur dan kolektivitas tinggi. Sayang penyelesaian akhir masih menjadi kendala. Jika tajam dilini depan bukan tak mungkin Timnas Indonesia U-19 mampu meraih hasil imbang bahkan memenangi pertandingan.

Persiapan yang matang membentuk karakter permainan Timnas Indonesia yang lebih padu, kolektivitas memang diunggulkan dari skuad garuda muda, sementara tim Brasil lebih mengandalkan kemampuan indivdu. hal ini juga diungkapkan oleh jurnalis asal Prancis.
”Persiapan intensif selama beberapa bulan terakhir akan memberi efek positif buat Indonesia. Meski Brasil dipandang memiliki keuntungan kualitas individu yang lebih bagus, Indonesia mungkin akan unggul dari kolektivitas permainan,” begitu analisis dari Anthony Guttuso, jurnalis resmi dari Turnamen Toulon 2017.
Bukan hanya itu, dipertandingan kemarin nampak Brasil mati kutu karena tak mampu mengembangkan permainan. Statistik menunjukan penguasaan bola Indonesia lebih unggul dengan 52 persen dan Brasil 48 persen. Meski dari sisi efektivitas serangan memang Brasil lebih unggul dengan 13 kali percobaan tembakan kegawang namun hanya 6 yang menemui sasaran. Sementara Timnas Indonesia hanya mampu 4 kali tembakan dan 2 kali menemui sasaran.

Pemain Indonesia mampu menguasai bola sekalipun dipressing oleh pemain Brasil. Hal ini cukup membuat komentator terkejut dengan situasi ini, rasanya tak percaya dengan kemampuan pemain Indonesia yang memang dari sisi prestasi Timnas Indonesia masih sangat jauh dibawah Brasil ibarat langit dan bumi.

Babak kedua Timnas Indonesia memiliki cukup peluang, andai saja tendangan Witan Sulaeman pada menit 56 tak membentur mistar gawang mungkin skor sudah sama imbang. Bukan hanya itu, peluang matang pada menit 72 juga tercipta melalui Adha Nurrokhim. Permainan kaki kekaki antar lini hingga mendapatkan assist matang dari Haris Saghara, sayangnya tendangan kerasnya masih bisa di blok penjaga gawang Brasil.

Lini belakang yang diisi oleh Rifad Marasabessy, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, dan Firza Irianto juga patut diacungi jempol. Pemain depan Brasil tercatat tak bisa leluasa masuk kedalam pertahanan Timnas Indonesia U-19.

Meski kalah dari Brasil U-20 dengan skor 1-0 tentu saja hasil ini patut disukuri mengingat Brasil adalah tim kuat. Namun bukan itu yang harus kita banggakan melainkan permaian Timnas Indonesia U-19 yang tampil sangat baik dan membuat decak kagum penonton.

Susunan Pemain

Brasil U-20
Pelatih: Carlos Amadeu

1 Phelipe; 2 Emerson, 3 Walce, 4 Gabriel Oliveria, 6 Michael Rangel; 5 Kazu, 8 Vinicius; 11 Marquinhos Cipriano, 10 Fabricio Oya, 7 Paulo Vitor; 20 Gabriel Novaes

Cadangan: 12 Hugo Nogueira, 19 Luan Santos, 13 Lucas Gabriel, 18 Igor, 15 Felipe, 14 Bruno Fuchs, 17 Pablo Silva, 9 Juninho, 16 Juliano Fabro

Indonesia U-19
Pelatih: Indra Sjafri

1 Muhammad Riyandi; 12 Rifad Marasabessy, 5 Nurhidayat, 13 Rachmat Irianto, 20 Firza Andika; 6 Muhammad Iqbal, 7 M. Luthfi Kamal, 8 Witan Sulaeman; 10 Egy Maulana Vikri, 14 Feby Eka Putra, 19 Hanis Saghara Putra

Cadangan: 21 Gianluca Pagliuca Rossy, 27 Aulia Hidayat, 28 renaldi Felathiza Yulhan, 3 Julyano Pratama Nono, 18 Irsan Rahman Lestaluhu, 34 Adha Nurrokhim, 16 Teuku Noer Fadhil, 24 Resky Fandi Wirawan

Related Posts