Telan Anggaran Rp 1,2 Triliun, Stadion Indonesia ini Jadi yang Terbaik di Asia Tenggara

shares |

Telan Anggaran Rp 1,2 Triliun, Stadion Indonesia ini jadi yang Terbaik di Asia Tenggara

Liga1ina.com. Indonesia bisa dikatakan sebagai basisnya sepakbola Asia Tenggara, hal ini tak lebih dari atmosfer sepakbola tanah air yang disebut-sebut terpanas dikawasan Asean. Sayangnya beberapa tahun kebelakang fasilitas pendukung seperti stadion masih jauh dari harapan, namun berbeda dengan saat ini dimana ada perkembangan yang cukup bisa dibanggakan.

Beberapa klub besar kini sudah menempati stadion kandang sendiri meski statusnya bukan stadion milik Klub, sebut saja Persib Bandung yang sudah berkandang di Stadion mewah Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), sementara Persija Jakarta dikabarkan akan membangun stadion semewah Old Trafford dan Alianz Arena andai Gubernur saat ini menepati janjinya, Sriwijaya juga berkandang di Stadion Jakabaring yang terus melakukan renovasi.

Nah, tak kalah dari itu, Balikpapan juga tengah bersiap dengan stadion yang digadang-gadang termewah dan megah dikawasan Asia Tenggara, adalah Stadion Batakan yang nantinya akan menjadi kandang Persiba Balikpapan. Kemegahan Stadion Batakan yang akan menjadi markas tim Beruang Madu tersebut disebut‑sebut mirip Emirates Stadium milik stadion tim sepakbola Arsenal di London.
Telan Anggaran Rp 1,2 Triliun, Stadion Indonesia ini jadi yang Terbaik di Asia Tenggara
Saat ini belum dipasang Single Seat atau Kursi penonton
Kapasitas penonton dengan single seat berjumlah 42 ribu penonton, didesain modern karena tak ada lintasan atletik seperti halnya Stadion Sepakbola di Indonesia pada umumnya. Bahkan disini dibangun berbagai sarana olahraga standar Olimpiade pada lahan seluas 18 hektare.

Fasilitas pendukung yang dibangun di antaranya ruang press conference standar FIFA, dua gedung olahraga (GOR) untuk voli dan bulutangkis sesuai master plan. Sementara ruangan khusus pemain terdapat ruang pelatih, ruang pemanasan, ruang kesehatan, toilet, urinoir dan tempat baju.

Baca: Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-19 2018, Inilah 7 Stadion Terbaik Indonesia, No 6 Terbaru Paling Mewah

Site Manager PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana pembangunan Stadion Batakan, Muhammad Anugrah mengungkapkan sebagian besar atau sekitar 80 persen main equipment dan mechanical electrical produk impor karena tidak diproduksi di Indonesia.
"Hampir seluruh equipment mechanical 80 persen itu dari impor dari luar negeri seperti genset, speaker, lift, escalator, " katanya.
Sementara untuk kebutuhan daya listrik disediakan sebesar 4,3 Megawatt dengan penerangan yang jauh lebih besar dibanding Stadion lain yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan lampu LED, satu sisi tribun 135 buah atau total 270 buah yang menghasilkan pencahayaan sebesar 2.300 lux. Padahal kita tahu rata-rata di Stadion dalam negeri memiliki pencahayaan hingga 1.800 lux untuk standar internasional dan 1.200 lux untuk standar nasional.
"Jadi standarnya memang pencahayaan harus merata, ada tim khusus yang nyeting lampu pemasangannya, seperti mengunakan laser tembak pakai laser diteropong, begitu disetel merata semua pencahayaan," katanya.
Hebatnya lagi Stadion ini dilengkapi fasilitas 8 lift dan 12 eskalator, namun saat ini baru 2 lift yang terpasang dan 1 eskalator yang didatangkan dari China.
Stadion Batakan
Kondisi terkini Stadion Batakan, Kalau udah ada kursinya bakal kayak Emirates Stadium
Disampaikan, untuk tribun penonton dibagi menjadi tiga kelas, ekonomi, VIP dan bisnis. Untuk kelas VIP dibagi menjadi dua, indor dan semi outdoor yang memiliki balkon yang masing‑masing memiliki fasilitas AC.

VIP juga ada 2 jenis kaca yakni bening dan gelap. Pada tribun bisnis dibagi menjadi 4 tribun khusus disabilitas dan 26 tribun umum kelas bisnis. Ada pula podium kehormatan di tribun Timur khusus untuk para pejabat pemerintah dan tamu‑tamu penting,
"Tribun bisnis ada disediakan untuk penyandang cacat, ada pua podium kehormatan untuk Presiden, Gubernur dan lain sebagainya, sementara di VIP ada indoor dan semi outdoor dengan kaca hitam dan kaca bening, selebihnya tribun ekonomi," katanya.
Fasilitas lainnya adalah stan khusus untuk UMKM, toko dan restoran. Lorong-lorong dilantai 3 juga cukup luas sehingga bisa digunakan untuk aktivitas bisnis.
Stadion Batakan

Untuk akses masuk, dari pagar utama ada dua pintu utama yakni di Barat dan Timur. Sementara untuk akses masuk bangunan ada 8 sektor, dimana masing ‑ masing sektor terdapat 20 pintu yang terdiri dari pintu masuk dan pintu keluar.

Tak hanya itu di kawasan komplek stadion juga akan dilengkapi dengan lapangan tennis, arena futsal, taman rekreasi, area parkir yang luas, lintasan atletik, kolam resapan dan sportmall yang dilengkapi arena bola basket. Sarana tersebut tentu akan menjadi angin segar bagi pembinaan olahraga di Balikpapan khususnya buat tim Persiba Balikpapan.
Telan Anggaran Rp 1,2 Triliun, Stadion Indonesia ini jadi yang Terbaik di Asia Tenggara

Lapangan ini juga hanya dikhususkan untuk sepak bola. Hal ini tampak dengan tidak adanya lintasan atletik di dalam lapangan. Sedangkan rumput lapangan menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella yang terkenal kehalusannya serta merupakan salah satu jenis rumput yang dijadikan FIFA sebagai standarisasi rumput stadion sepakbola di dunia.
Telan Anggaran Rp 1,2 Triliun, Stadion Indonesia ini jadi yang Terbaik di Asia Tenggara

Stadion ini menelan anggaran Rp 1,2 triliun. Tak heran bila dengan segala fasilitas tersebut, Stadion Batakan disebut akan menjadi stadion sepakbola termewah di Indonesia dan salah satu yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Bagaimana??

Sumber: Kaltim.Tribunnews

Related Posts