Mengejutkan! Alfred Riedl Sebut Marquee Player Tak Akan Membantu Sepakbola Indonesia

shares |

Mengejutkan! Alfred Riedl Sebut Marquee Player Tak Akan Membantu Sepakbola Indonesia

Liga1ina.com. Mantan pelatih Tim Nasional Indonesia, Alfred Riedl menyatakan pendapatnya mengenai pemain berstatus marquee Player, menurutnya kehadiran pemain bintang tak akan membantu perkembangan sepakbola Indonesia, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan daripada mendatangkan pemain besar dunia.

Kompetisi Liga sepakbola di tanah air kali ini memang berbeda dari sebelumnya, regulasi baru memperbolehkan klub merekrut 3 pemain asing dan satu berstatus Marquee Player. Alhasil, semua klub berlomba-lomba mendatangkan eks pemain bintang Eropa yang sebenarnya sudah tak dipakai lagi secara reguler di Eropa.

Sejumlah nama besar pun sudah resmi bermain di Liga 1 Indonesia,  seperti Michael Essien untuk Persib Bandung, Didier Zokora di Semen Padang, Peter Odemwingie dan Boubacar Sanogo yang sukses didatangkan Madura United. Meski memang kehadirannya cukup berpengaruh positif kepada tim.

Selain berkontribusi positif untuk tim, jelas hadirnya nama-nama tersebut turut meningkatkan nilai kompetisi Liga di Indonesia, alhasil media-media luar mulai melirik Liga 1 Indonesia. Namun hal ini ditanggapi lain oleh Alfred Riedl, menurutnya mereka (marquee player) bermain di Indonesia hanya karena uang dan tak fokus untuk pengembangan sepakbola tanah air.
"Itu (marquee player) mungkin lebih menarik untuk fans dan media," ujar Riedl dilansir SBS.
"Tapi sepertinya mendatangkan mantan bintang besar ke Indonesia tidak akan membantu. Saya tidak yakin mereka datang untuk membantu sepak bola Indonesia. Mereka mengambil banyak uang, setidaknya untuk ukuran Indonesia, dan pergi kapanpun mereka mau," kata Riedl.
Meski begitu, sudah ada pemain marquee player yang menunjukan kualitasnya dan berkontribusi untuk tim, seperti Peter Odemwingie yang menjadi top skor sementara untuk Madura United dan juga Michael Essien di Persib Bandung.

Related Posts