Loading...

Emirates Stadium-nya Indonesia Tak Lolos Verifikasi, Persiba Cari Alternatif Lain

Emirates Stadium-nya Indonesia Tak Lolos Verifikasi, Persiba Cari Alternatif Lain

Liga1ina.com. Stadion Batakan yang akan menjadi markas Persiba Balikpapan beberapa waktu lalu dilakukan proses verifikasi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 Indonesia. Sayangnya stadion yang mirip dengan Emirates Stadium milik Arsenal di Liga Inggris tersebut tak lolos verifikasi. Oleh sebab itu, Persiba Balikpapan mau tak mau harus mencari alternatif stadion lainnya untuk dijadikan kandang.

Menurut Departemen Kompetisi PT LIB, Somad usai melakukan verifikasi, Selasa (16/05/17) mengatakan, bukan hanya untuk kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 melainkan stadion ini juga belum layak digunakan untuk pertandingan Internasional.
“Memang belum bisa (dipakai), masih banyak yang harus dibenahi. Karena stadion ini baru, mungkin ada beberapa yang harus diperhatikan,” ujar Somad.
Ada beberapa faktor yang membuat stadion seharga Rp.1,3 Triliun ini tak lolos verifikasi, salah satunya adalah akses jalan masuk stadion yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan dari PT LIB.
“Ya jangan sampai macet, menganggu pemain masuk stadion terus pertandingan menjadi molor, akses jalan ini menjadi penting, karena akses jalan terputus,” ujar Somad.
BUkan hanya itu, lahan parkir stadion juga masih minim dan tak sesuai dengan kapasitas stadion yang mencapai 46 ribu penonton.
“Ya memang harus disesuaikan, karena kan kapasitasnya sampai 46 ribu penonton, kalau dilihat belum cukup, harus diperhatikan juga,” ujarnya.
Kemudian lanjutnya, lapangan juga ada beberapa hal yang harus dibenahi, khususnya menyangkut garis lapangan yang belum sesuai. Tak hanya itu saja, fasilitas pendukung lainnya juga kurang memadai.
“Garis lapangan misalnya untuk tendangan pinalti belum sesuai, juga diameter tiang gawang harusnya 12 cm yang kita temukan itu 14 cm. Penambahan untuk fasilitas penunjang saja, misalnya kursi dan meja. Begitu juga di ruang wasit harus ada dua shower,” ujarnya.
Persiba sendiri menyiapkan stadion alternatif lain yakni Stadion Parkesit, namun sayangnya pihak PT LIB tidak melakukan proses verifikasi pada stadion tersebut.
“Saya ditugaskan di stadion batakan ini untuk melihat kondisi stadion melakukan verifikasi apa saja, itu saja,” pungkasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel