Akhirnya! Tahun Depan Indonesia Dipastikan Dapat Tiga Slot di Kompetisi AFC

shares |

Akhirnya! Tahun Depan Indonesia Dipastikan Dapat Tiga Slot di Kompetisi AFC

Liga1ina.com. Akhirnya tahun 2018, PSSI memastikan Indonesia mendapat tiga slot untuk bermain di kompetisi Asia (AFC). Tiga klub terbaik Liga 1 Indonesia akan mendapat jatah bermain dikompetisi lebih tinggi lagi, satu tiket mendapat jatah babak playoff Liga Champions Asia (LCA), sementara dua tiket ke Piala AFC 2018.

Hanya saja klub terbaik yang berhak lolos ke kompetisi Asia adalah klub yang sudah lolos verifikasi lisensi klub profesional oleh AFC. Oleh sebab itu, PSSI sedang menjalankan proses lisensi kepada seluruh peserta Gojek traveloka Liga 1 mulai dari tanggl 1 Mei 2017 hingga 14 Mei 2017.

"Kalau ada klub yang menjadi juara tapi tidak punya lisensi maka klub itu tidak bisa berlaga di kompetisi AFC tahun depan. Kalau sebelumnya syaratnya berlaku untuk Liga Championship Asia, tahun ini AFC untuk memberlakukan di Piala AFC," ungkap Tigor Shalomboboy, manajer Departemen klub Lisensi PSSI seperti dilansir dari Detik.com.
"Lisensing proses ini merupakan satu hal yang diminta oleh AFC kepada member association, termasuk Indonesia, PSSI dan hasil proses lisensi ini adalah terbitnya lisensi sebagai salah satu syarat ikut kompetisi AFC," tambahnya.
"Ini perlu ada sinergi juga keseriusan dari klub jangan sampai mereka punya kemampuan jadi juara sampai peringkat empat, tapi mereka tidak punya lisensi. Jadi (dengan kondisi tanpa lisensi) impian main di Asia tidak bisa, itu yang kami tegaskan," lanjut dia.
Setiap klub harus melengkapi semua persyaratan sebagai klub profesional untuk mendapatkan lisensi, diantaranya adalah sporting, personil, administrasi, legal dan keuangan.

Maju terus sepakbola Indonesia!

Related Posts