Ini Kata Mantan Presiden Barcelona Agar Sepakbola Indonesia Bisa Maju

shares |

Ini Kata Mantan Presiden Barcelona Agar Sepakbola Indonesia Bisa Maju

Liga1ina.com. Mantan presiden Barcelona, Joan Laporta didampingi Presiden Valencia Peter Lim menyambangi Indonesia untuk memberikan pembelajaran tentang pengembangan sepakbola di Indonesia. Banyak hal yang disampaikan dan harus menjadi perhatian mulai dari sepakbola jalanan hingga akademi.

Hadir dilapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Minggu (02/04/17) dalam latihan PS TNI, dia memberikan komentarnya mengani hal yang sangat efektif meningkatkan persepakbolaan nasional.

Didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan pengusaha ternama Indonesia, Tomy Winata, Joan Laporta mengatakan sepakbola bukanlah hanya sekedar menendang bola, agar mencapai prestasi tertinggi, sepakbola harus memiliki filosofi.
"Saya disini karena undangan dari teman saya Tomy Winata dan Peter Lim. Dia mengatakan kepada saya mengapa harus datang ke Indonesia, karena kami percaya bahwa Indonesia punya potensi yang luar biasa," ujar Laporta seperti dikutip dari indosport.
"Selain potensi yang luar biasa, Indonesia punya suporter dengan komitmen besar untuk mendukung tim di Indonesia. Sepakbola bukan hanya cara menendang bola, tapi sepakbola adalah budaya. Ingin mengembangkannya, kalian harus mengembangkan filosofi," lanjut pria berumur 54 tahun tersebut.
Namun semuanya bisa dilakukan dengan baik jika sudah membenahi dan membangun sistem persepakbolaan yang baik.
"Tapi menjadi sukses, kalian harus membangun sistem, dan sistem adalah hal terpenting di opini saya. Jika tidak ada sistem, maka tidak ada proses dalam pengembangan sepakbola," tegas Laporta.

Related Posts