BOPI Tegur PT Liga Indonesia Baru Serta Laporkan Essien dan Cole ke Ditjen Imigrasi

shares |

BOPI Tegur PT Liga Indonesia Serta Laporkan Essien dan Cole ke Ditjen Imigrasi

Liga1ina.com. PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menjadi operator Liga Gojek Traveloka Liga 1 musim 2017 mendapat teguran dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Hal ini karena operator Liga mengijinkan Marquee Player Persib Bandung yakni Michael Essien dan Carlton Cole bermain saat menjjamu Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (15/4) kemarin.

Menurut BOPI kedua pemain tersebut belum boleh bermain karena tidak memiliki Kartu Tinggal Izin Sementara (KITAS). Padahal BOPI mengeluarkan rekomendasi agar kompetisi berjalan dengan catatan salah satunya untuk pemain asing harus sudah mengantongi KITAS.

BOPI merasa PT LIB melakukan pelanggaran terhadap peraturan di negara Indonesia dan tak habis pikir kenapa kedua pemain tersebut sampai dimainkan.
"Saya sudah komunikasikan ke pimpinan PT LIB, katanya mereka sudah telepon pak Gatot [S. Dewa Broto, Sesmenpora], dan pak Noor Aman [ketua umum BOPI] minta toleransi. Tapi yang saya tahu pak Noor Aman tidak setuju ada toleransi, pokoknya kalau belum ada KITAS, pemain asing enggak boleh turun. Itu sudah disepakati," kata Heru seperti dilansir dari goal. 
"Saya sudah bilang bahwa kita harus jaga etika dan spirit profesional, salah satu pimpinan operator liga itu akhirnya cuma bisa diam. Operator liga sekarang ini masih saja mengulangi ketidakprofesionalan yang selama ini jadi cap yang melekat di kompetisi sepakbola nasional, yakni tidak pegang janji." tambahnya.
Bukan hanya menegur saja, BOPI juga akan membawa Michael Essien dan Carlton Cole ke Direktorat Jenderal Imigrasi karena telah melanggar Undang-Undang dan berharap bisa ditindak tegas.
"Semoga Ditjen Imigrasi mau menindak kasus ini. Masa ada orang kerja profesional di negara kita enggak pakai surat-surat. Padahal, bayarannya gede-gede itu," ucapnya.
Sementara itu dari pihak Persib Bandung berani memainkan keduanya karena sudah dipastikan memiliki KITAS.

Related Posts