BOPI Ingin Pemain Tanpa KITAS Dideportasi Termasuk Essien dan Cole, Rekomendasi Liga 1 Terancam Dicabut

shares |

Bopi

Liga1ina.com. Kasus pemain asing yang tak memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) kian memanas, apalagi kasus ini menjerat pemain berstatus bintang (marquee player) seperti Michael Essien dan Carlton Cole yang dimiliki Persib Bandung. Bukan hanya itu, terdapat 25 lebih pemain asing di Liga 1 yang disinyalir tak memiliki KITAS.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengancam akan mencabut remomendasi bergulirnya Liga 1 (Gojek Traveloka Liga 1) karena sebelumnya rekomendasi ini diberikan setelah pihak operator bersedia memenuhi semua syarat termasuk KITAS pemain asing.
"Kemungkinan dicabut ya kalau kebangetan pasti dicabutlah. Ini (KITAS) baru satu list. Kan dalam kompetisi ini komponennya banyak, ini salah satunya. Dan menurut saya komponen ini satu per satu yuk kita benahi," kata Sekjen BOPI, Heru Nugroho dikutip dari Indosport.
"Hal seperti itu bukan kami yang bisa menjawab. Tapi kalau kita baca undang-undang, ya memang itu (pemain asing tidak punya KITAS) mungkin untuk dideportasi. Itulah yang kami harapkan, pihak imigrasi ya juga harus mendukung kegiatan ini," tambahnya.
Bukan hanya itu, BOPI juga meminta pihak imigrasi bertindak tegas bagi pemain asing di Liga 1 yang tak memiliki KITAS, kalau perlu harus dideportasi. Termasuk pemain bintang Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 25 pemain asing yang belum memiliki KITAS dan diharuskan segera mengurusnya. Selagi diurus, pemain-pemain tersebut dilarang berlaga di Liga 1.
"Total ada 25 pemain yang belum punya KITAS dari 11 klub. Tapi saya tidak bisa sebutkan. Liga 1 semua, Liga 2 kan tidak ada asing. 25 pemain itu termasuk Essien dan Cole," jelas Heru.

Related Posts