Loading...

Liga 1 Indonesia akan Gunakan Wasit Asing? Ini Kata Jimmy Napitupulu

Liga 1 Indonesia akan Gunakan Wasit Asing? Ini Kata Jimmy Napitupulu

Liga1ina.com. Gebrakan baru PSSI yang mewacanakan penggunakan wasit asing dalam kompetisi Liga 1 Indonesia mendapat respon positif dari Wasit senior Jimmy Napitupulu yang juga sebagai salah satu wasit Indonesia dengan lisensi FIFA.

Wacana ini muncul dari Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. Menurutnya dengan adanya wasit asing akan turut meningkatkan kualitas wasit lokal. Menurut Jimmy, perwasitan di Indonesia saat ini sudah tertinggal secara internasional sehingga perlu ada pendidikan lagi.
"Kalau saya pribadi ya setuju. Itu demi kemajuan sepak bola Indonesia. Kita harus bisa menerimanya. Jujur, kita telah tertinggal jauh sejak mendapat sanksi FIFA. Sejak itu, Indonesia buta soal peraturan-peraturan baru wasit," kata Jimmy seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (27/3/2017).
Kurikulum wasit di Indonesia saat ini masih mengacu pada kompetisi ISL tahun 2014 lalu. Sementara kurikulum terbaru 2015/2016 dan 2016/2017 masih belum banyak yang diketahui.
"Setiap bulan Juli selalu ada perkembangan soal itu," katanya.
Jimmy menyarankan agar PSSI tak sungkan untuk meminta bantuan AFC untuk mengupgrade wasit nasional.
"Bilang kepada AFC untuk mengirim instruktur dengan pengetahuan akan kurikulum yang baru. Selain itu, kursus wasit harus kembali menjadi wewenang PSSI, jangan lagi diberikan kepada Asprov seperti saat ini," tegasnya.
Mengenai wacana wasit asing yang akan berlaga di Liga 1, Jimmy menyarankan jumlahnya tak lebih dari 50 persen atau bisa setengah-setengah dengan wasit lokal. Wasit luar bisa digunakan untuk laga-laga penting dan krusial.

Bagaimana menurut sobat sekalian?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel