Loading...

Liga 1 Bikin Aturan Baru 5 Pergantian Pemain, FIFA Tegas Hanya Boleh 3

Liga 1 Bikin Aturan Baru 5 Pergantian Pemain, Aturan FIFA Tegas Hanya Boleh 3

Liga1ina.com. Aturan persepakbolaan diduina sudah diatur dan dituangkan dalam kitab suci yang disebut statuta. Aturan itu dibuat oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan disepakati oleh semua anggota konfederasi dan anggota FIFA diseluruh dunia termasuk PSSI dalam hal ini adalah Indonesia.

Konfederasi sendiri dalam hal ini adalah AFC, UEFA dan lain sebagainya, sementara anggota seperti PSSI untuk Indonesia dan FA untuk Inggris serta anggota lainnya.

Aturan-aturan yang tertuang mencakup banyak hal, salah satunya adalah soal pergantian pemain pada saat laga tanding seperti dalam kompetisi Liga yang berjalan. Di statuta FIFA dikatakan, hanya boleh maksimal mengganti 3 pemain dalam satu pertandingan.
"Maksimal pergantian pemain tiga kali dalam kompetisi resmi di bawah naungan FIFA, Konfererasi, dan Asosiasi Anggota. Peraturan kompetisi harus menyatakan berapa banyak pemain pengganti, tiga pengganti dan 12 pemain," begitu bunyi aturan yang dibuat FIFA tentang pergantian pemain.
Jika aturan ini dilanggar jelas ini adalah melanggar kesepakatan atau rule of the game yang dibuat FIFA dan terancam kena Sanksi tegas. Bahkan Di setiap kompetisi resmi level Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dll) yang jauh sudah lebih maju ketimbang Indonesia tidak pernah melanggar aturan tersebut.

Sementara untuk pertandingan persahabatan seperti Tim Nasional baik yang bersifat resmi ataupun uji coba FIFA mengatur hanya boleh maksimal melakukan pergantian 6 pemain. Itupun dengan catatan kesepakatan antar dua kesebelasan terlebih dahulu.

Lantas bagaimana dengan Liga 1 Indonesia?

Pada kompetisi resmi GO-JEK Traveloka Liga 1 justru membuat peraturan baru soal pergantian pemain dimana setiap klub peserta boleh melakukan pergantian pemain maksimal hingga 5 pemain setiap pertandingannya, bukan hanya itu, setiap klub boleh menyerahkan Daftar Sususan Pemain maksimal hingga 20 pemain.
"Agar kualitas permainan berjalan seperti yang kami harapkan. Untuk itu kami putuskan pemain pengganti jadi lima," kata CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB) Risha Adiwijaya saat pertemuan operator dengan seluruh klub di Makostrad, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).
"Untung dan ruginya kita pertimbangkan makanya diputuskan pemain penggantinya jadi lima," sambungnya.
Nah, bagaimana menurutmu??

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel