Loading...

Kalau Mau, Ini Daftar 5 Pesepak Bola Top Dunia yang Bisa Dikontrak Klub Indonesia

Kalau Mau, Ini Daftar 5 Pesepak Bola Top Dunia yang Bisa Dikontrak Klub Indonesia

Liga1ina.com. Michael Essien menjadi trending topik Twitter dan juga perbincangan secara global setelah memutuskan untuk memperkuat Persib Bandung yang merupakan salah satu klub sepakbola Profesional di Indonesia.

Mantan pemain Chelsea, Real Madrid dan AC Milan tersebut sekaligus memecahkan rekor bursa transfer termahal di Liga 1 Indonesia yang tak akan lama lagi bergulir. Kabarnya Agen Essien mematok harga hingga 11 Miliar, namun belakangan dikatakan Persib berhasil merekrutnya dengan harga kisaran 8.5 Miliar hingga 10 miliar.

Jika perbandingannya dengan pemain asing yang merumput di Indonesia tentu harga Essien jauh lebih tinggi, rata-rata pemain asing di Indonesia dibandrol antara Rp.1 Miliar hingga Rp.4 Miliar.

Sebagai klub profesional yang sudah menjadikan Persib Bandung sebagai industri bisnis yang sangat menjanjikan, pembelian sang bintang juga tak lepas dari dana yang dihasilkan dari sponsor. Ya, kita tahu Persib menjadi satu-satunya klub kaya raya tanah air dengan sponsor yang berjubel, pantas karena basis suporter yang sangat besar mencakup seluruh provinsi Jawa Barat hingga beberapa daerah di tanah air membuat prusahaan tertarik menanamkan dananya.

Melihat kemampuan finansial rata-rata klub Indonesia, bintang-bintang dunia yang bisa digaet mereka tentu bukanlah sedang berada di level top. Sama seperti Michael Essien, pemain-pemain top berharga beli rendah, sudah memasuki periode senja kala kariernya.

Menurut data situs Transfermarkt banyak pemain dengan nama besar saat ini berstatus bebas kontrak. Mereka tidak terikat kontrak di salah satu klub pun. Reputasi mereka tidak kalah dibanding Michael Essien. Siapa-siapa saja mereka, dan berapa harga pasaran kontrak mereka?

1. Didier Drogba

Sama seperti halnya Michael Essien, figur Didier Drogba jadi salah satu barisan pemain di era kejayaan Chelsea di tangan Jose Mourinho. Pemain  asal Pantai Gading yang bisa eksis di jajaran penyerang elite Premier League.

Pemain kelahiran 11 Maret 1978 itu memenangi gelar Liga Inggris bersama Chelsea pada musim 2004-2005, 2005–2006, 2009–2010, 2014–2015. Ia juga mengangkat trofi UEFA Champions League 2011–2012 bersama The Blues.

Usia yang tak lagi dianggap ideal di Eropa membuatnya pindah ke klub MLS, Montreal Impact dan berakhir pada Januari 2017 lalu. Hingga saat ini dia masih menganggur dan belum mengumumkan akan pensiun. Dari data Transfermarkt harga Didier Drogba mencapai 1 juta Euro atau sekitar Rp.13 Miliar.

2. Lassana Diarra

Diambil dari Portsmouth FC oleh Jose Mourinho ke Real Madrid pada musim 2009 lalu membuat pemain ini kian meroket pamornya. Sayang di klub tersebut pemain kelahiran 10 Maret 1985 kesulitan menembus posisi inti.

Akhirnya dia memutuskan pindah ke Liga Rusia yakni Anzhi dan Lokomotiv Moscow. Selesai dirusia, Klub Elit Prancis, Marseille merekrutnya pada Juli 2015. Sayangnya Marseille tak memperpanjang kontraknya di Tahun 2017 ini sehingga Diarra menganggur. Bukan hanya itu, hingga saat ini belum ada klub yang meliriknya hingga sekarang.

Dari data Transfermarkt, harga Lassana Diarra memang cukup mahal mencapai 5 Juta Euro atau sekitar Rp.80 Miliar.

3. Dimitar Berbatov

Pemain yang bersinar bersama Manchester United dan Tottenham Hotspur ini lahir pada 30 Januari 1981. Dia pernah membela Fulham pada musim 2012-2013. Kemudian berpindah ke AS MONACO pada musim 2014-2015.

Selesain di Monaco, Berbatov memutuskan pulang kampung dengan membela PAOK Saloniki. Sayang kontraknya tak diperpanjang musim 2017-2018 ini sehingga berstatus bebas transfer. Usianya memang sudah 35 tahun, tapi kemampuannya masih bisa diandalkan. Harga Berbatov diketahui mencapai Rp.13 Miliar hingga Rp.15 Miliar.

4. Robbie Keane

Sosok Robbie Keane sedikit dari pemain Britania Raya yang sukses berkelana ke ke sejumlah negara. Selain di Liga Inggris, striker gaek asal Irlandia tersebut sempat melanglang buana ke Italia dan Amerika Serikat.

Terakhir dia memperkuat LA Galaxy dan saat ini berstatus bebas transfer, jika klub Indonesia ingin memboyongnya, maka harus merogoh kocek hingga 1 Juta Euro atau sekitar Rp.13 Miliar.

5. Marouane Chamakh

Striker asal Maroko, Marouane Chamakh, mencuat ke permukaan saat digaet Arsene Wenger ke Arsenal pada musim 2010-2011. Pemain kelahiran 10 Januari 1984 ini kemudian didepak dan pindah ke Crystal Palace. Terakhir, Chamakh memperkuat klub asal Wales, Cardiff City dan saat ini berstatus bebas transfer. Sayangnya harga pemain ini terbilang mahal mencapai Rp.25 Miliar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel