Loading...

Ingin Gunakan 5 Pergantian Pemain di Liga 1, PSSI akan Surati FIFA

Ingin Gunakan 5 Pergantian Pemain di Liga 1, PSSI akan Surati FIFA

Liga1ina.com. Peraturan kontroversional dilakukan PSSI dalam kompetisi Liga 1 Indonesia, pasalnya kali ini aturan pergantian pemain tak lagi hanya 3 pemain melainkan hingga 5 pemain. Bukan hanya itu, daftar susunan pemain yang diserahkan ke panitia juga hingga 20 pemain. Hal ini tentu mendapat berbagai respon dari semua kalangan.

Pasalnya, publik hanya tahu pergantian pemain hanya boleh 3 saja. Hal itupun sesuai dengan peraturan FIFA dan digunakan di Liga-Liga resmi Eropa. Jika pergantian lebih dari 3 biasanya hanya untuk laga uji coba saja atau laga persahabatan.

Terkait hal itu, PSSI melalui Wakil Ketua Umumnya, Joko Driyono, akan segera menyurati FIFA.
"Mudah-mudahan ini bisa mendapat positive responds. Secara resmi Insyaallah surat besok sudah bisa kami layangkan ke FIFA," kata Joko di Kantor Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).
PSSI juga sudah faham betul akan aturan-aturan yang yang tertuang di FIFA, hanya saja kali ini PSSI memiliki aturan berbeda yang sudah diperhitungkan sebelumnya.
"Kami menyadari tentang laws of the game pasal tiga dalam FIFA bahwa semua kompetisi yang berada di bawah naungan federasi FIFA, mau pun konfederasi AFC dan kami federasi. Exceptiontentang itu kami memahami harus kita konsultasikan," jelas Joko.
Pergantian hingga 5 pemian dikarenakan ada regulasi PSSI tentang pembatasan usia termasuk setiap klub harus memainkan pemain-pemain muda dibawah usia 23 tahun selama 45 menit. PSSI ingin banyak pemain muda yang tampil sehingga nantinya akan ada banyak yang bisa dilihat pontensi masing-masing pemain untuk membela Tim Nasional.
"Pembatasan usia yang memastikan U-23 juga harus bertanding tentu juga ini jadi terobosan yang sangat spesial, Sehingga tidak semata-mata kami komunikasi dengan FIFA meminta implementasi pergantian lima tapi juga dengan cerita yang tadi," tutupnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel