Loading...

Bikin Heboh! Inilah Fakta Menarik LIGA 1 Serta Klub-Klub Peserta yang Harus Kamu Ketahui

persib vs arema

Liga1ina.com. Liga 1 Indonesia tak akan lama lagi akan bergulir, rencananya tanggal 15 April 2017 mendatang pergelaran sepakbola terbesar di Indonesia ini akan dibuka. Ini sekaligus menjadi turnamen resmi Liga Indonesia yang sudah cukup lama vakum karena di Banned oleh FIFA. Dibalik euforia kembalinya Liga Indonesia, tentu ada beberapa fakta yang bikin kita seneng tapi juga bikin kita bertanya-tanya. Nah Apa saja fakta-fakta tersebut? Kita ulas satu persatu.

1. Nama Liga yang Unik

Liga Indonesia awalnya kita ketahui adalah Liga 1 Indonesia atau Liga 1. tentu nama ini cukup mudah disebutkan dan terlihat berkelas, seperti halnya Indonesia Super League atau ISL karena beberapa dibeberapa negara juga menggunakan Super Liga. Namun perlu di ingat, nama Liga biasanya akan disesuaikan dengan sponsor, dimanapun termasuk di Eropa, seperti Inggris adalah sponsornya Barclays sehingga menjadi Barclays Premier League atau Liga utama inggris. Barclays sendiri adalah sebuah bank.

Nah untuk Indonesia karena disponsori oleh Go-Jek yang merupakan perusahaan ojek online dan Traveloka yakni perusahaan pesan tiket dan hotel online, maka nama Liga Indonesia menjadi "Go-Jek Traveloka Liga 1". Nama ini cukup unik dan cukup mendapat banyak respon dari netizen.

2. Bursa Transfer Terpanas hingga harus Keluarkan requlasi Marquee Player

Bursa transfer terpanas dalam persepakbolaan Indonesia cukup membuat kita sedikit bangga dengan prkembangan sepakbola tanah air. Ya, Liga Indonesia kini sudah mulai masuk lebih jauh kedalam Industri Sepakbola dimana selain prestasi yang dituju tapi juga keuntungan bisnis yang lebih besar. PERSIB BANDUNG menjadi contoh nyata dalam bursa transfer terpanas musim ini, Persib yang dikelola oleh manajemen yang baik menjelma menjadi satu-satunya klub paling sehat dan paling profesional.

Dengan modal itu, tak sulit bagi Persib untuk mendatangkan pemain sekelas dunia seperti Michael Essien dan Carlton Cole yang keduanya merupakan eks pemain Chelsea di Liga Inggris serta pernah malang melintang di berbagai klub elit Eropa. Uang hingga belasan Miliar rela dikeluarkan demi mendatangkan sang bintang.

Entah ada korelasinya atau tidak dengan ini, akhirnya PSSI mengeluarkan regulasi unik dimusim ini yakni tambahan Marquee Player atau pemain bintang. Ya, sebelumnya jatah pemain asing adalah 2+1 (Dua asing non Asia dan Satu asing Asia), kini ditambah 1 Marquee Player (pemain bintang dengan syarat). Jadi regulasi pemain asing menjadi 2+1+1. Meski pemain berstatus Marquee Player ini tak wajib, rasanya sayang jika tak digunakan, akhirnya banyak klub memaksa berlomba menghadirkan pemain bintang kelas dunia.

3. Rebutan Pemain Bintang dalam Bursa Transfer

Madura United tinggal selangkah lagi mendatangkan pemain berstatus Marquee Player bernama Peter Odenwingie, striker Eks Stoke City di Liga Inggris ini sudah melakukan kontrak Pra Musim dengan Madura United, sayangnya ditengah jalan Odenwingie malah kepincut dengan klub lain di Liga 1 yang menawarkan kontrak lebih mahal. Hal ini tentu bikin geram pihak Madura United sehingga hampir sepekan lamanya menjadi perbincangan di dunia maya mengenai pembajakan Odenwingie dari Madura United.

Bukan hanya itu, dua klub rival yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta sempat dikabarkan berebut pemain naturalisasi, keduanya sama-sama mengklaim tinggal selangkah lagi mendapatkan pemain tersebut, awalnya belum diketahui siapa pemain tersebut dan belakangan nama Rhapael Maitimo menjadi perbincangan hangat, gelandang serang berkualitas ini akhirnya resmi bergabung dengan Persib Bandung.

4. Pemain Dunia yang Jadi Incaran

Madura United gagal mendapatkan Odenwingie, suporter kecewa berat dan mengancam tak akan memaafkan Klub Liga 1 lain yang membajaknya. Bisa saja suporter akan terobati kekecwaannya asalkan Madura United bisa mendapatkan Marquee Player lain yang jauh lebih berkualitas. Nama Joe Cole menjadi incaran Madura United selanjutnya. Ini tentu saja cukup menghebohkan jagat maya, nama lainnya adalah Mohamed Sissoko.

Selain Madura United, klub lainnya seperti Persija Jakarta dikabarkan mengincar Maicon, sementara Bali United mengincar Adebayor, namun belakangan Bali United mengatakan akan mencari Marquee Player yang masih aktif bermain, hal ini senada dengan Arema FC yang juga menginginkan marquee player yang masih potensial. Klub lainnya yang juga mengincar marquee player adalah Pusamania Borneo FC dan Persipura Jayapura.

5. Regulasi 5 Pergantian Pemain

Menjelang pembukaan Liga 1, ada regulasi yang bikin heboh dunia maya yakni penggantian pemain, kali ini maksimal hingga 5 pemain, padalah di Liga-liga Elit Eropa penggantian pemain maksimal hanya sampai 3 pemain saja, hal ini sejalan dengan peraturan FIFA. Dengan peraturan baru Liga 1 ini, akhirnya PSSI akan menyurati FIFA untuk meminta ijin. Regulasi ini diambil karena di Liga 1 ada peraturan harus memainkan pemain U-23 minimal 45 menit. Bukan hanya itu, klub juga bisa menyertakan daftar susunan pemain hingga 20 pemain.

6. Regulasi Pembatasan Usia yang Kontroversi

Selain regulasi 5 pergantian dalam satu pertandingan yang cukup mendapat respon netizen, regulasi pembatasan usia pemain maksimal 35 tahun juga mendapat sorotan publik. Pasalnya setiap klub Liga 1 hanya boleh memiliki pemain diatas 35 tahun maksimal hanya 2 pemain saja. Sementara pada Liga 2, aturan lebih ketat lagi. Masing-masing klub hanya boleh memiliki lima pemain di atas 25 tahun dengan usia maksimal 35 tahun. Regulasi ini bahkan dikatakan melanggar HAM, pasalnya ada sekitar 1600 pemain sepakbola profesional yang terancam pensiun dini dan menganggur.

7. Laga Pembuka yang Panas, PERSIB vs AREMA

Laga pembuka Liga 1 pada tanggal 15 April nanti adalah yang terpanas karena mempertemukan Persib Bandung melawan Arema FC. Jelas dua klub ini adalah rival abadi di sepakbola tanah air. Laga ini juga ditunggu-tunggu oleh kedua suporter terutama suporter Persib, pasalnya ada dua pemain kelas dunia yakni Michael Essien dan Carlton Cole yang akan mengawali debutnya di laga ini.

8. Hak Siar Liga 1

Selama pergelaran Liga sepakbola terbesar di tanah air, Go-jek Traveloka Liga 1 ini akan disiarkan secara penuh oleh TVOne dan ANTV. Pasalnya Viva Group berhasil mengalahkan grup televisi lain dalam perebutan hak siar Liga 1.

9. Verifikasi BOPI yang Molor

Terbaru, Olahraga Profesional Indonesia (BOPI)‎ terus menghimbau semua klub kontestan Liga 1 untuk segera menyerahkan dokumen pendukung untuk verifikasi Klub. Pasalnya Liga 1 adalah liga profesional yang dihuni oleh klub-klun berlabel profesional. Pemerintah mewajibkan semua klub untuk sudah terverifikasi, ini kaitannya dengan hukum di Indonesia terutama urusan Pajak. Kalau semua klub belum terverifikasi, maka BOPI tak akan mengeluarkan rekomendasi untuk Liga 1.

Nah itulah secuil fakta-fakta menarik tentang Liga 1, bagaimana menurut kalian?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel