Loading...

Aturan Baru di Liga 1: Setiap Tim Boleh Lakukan 5 Kali Pergantian Pemain

Aturan Baru di Liga 1: Setiap Tim Boleh Lakukan 5 Kali Pergantian Pemain

Liga1ina.com. Tanggal 15 April 2017 menjadi awal pembukaan Liga 1, Persib Bandung menjadi Lawan Arema FC dipembukaan Liga dan Viva Group menjadi pemegang hak siar setiap pertandingan, namun ada peraturan lain yang perlu diketahui klub dan penggemar di rumah yakni terkait pergantian pemain.

CEO PT Liga Indonesia Baru Risha Adiwijaya mengatakan, pergantian pemain disetiap pertandingan untuk setiap klub maksimal hingga 5 pergantian. Ini tentu saja berbeda dari Liga sebelumnya yang hanya maksimal 3 pergantian.

Peraturan ini sudah pernah dicoba di laga pemanasan Liga, Piala Presiden 2017 lalu. Hanya saja kali ini tidak ada water break sehingga pertandingan berjalan normal.
"Supaya kualitas berjalan sesuai dengan yang kita mau karena kita pernah coba di Piala Presiden," kata Risha di Kantor Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).
"Untung dan ruginya kita pertimbangkan makanya diputuskan pemain penggantinya jadi lima," tambahnya seperti dikutip dari tribunnews.
Bukan hanya itu, setiap tim untuk setiap pertandingan boleh memasukan Daftar Susunan Pemain (DSP) hingga 20 pemain, hal ini berbeda dengan sebelumnya dimana hanya boleh maksimal 18 pemain saja. Peraturan ini disesuaikan dengan regulasi terbaru PSSI yang mewajibkan pemain muda berusia U-23 untuk dimainkan minimal selama 45 menit.
"Karena ada peraturan U-23 ada yang diwajibkan main pada 45 menit pertama dengan mempertimbangkan segala kemungkinan maka ada tambahan dua pemain dari Timnas U-22," kata Risha.
Menariknya, pada Liga 1 nanti akan ada proses bursa transfer yang akan dibuka selama dua periode.
"Transfer pemain nanti kita buka dari tanggal 1 sampai tanggal 30 April, periode kedua nanti 16 Juni sampai Agustus," tutupnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel