Arema FC Setuju Regulasi Pergantian 5 Pemain di Liga 1

shares |

Arema FC Setujui Regulasi Pergantian 5 Pemain di Liga 1

Liga1ina.com. PSSI menerapkan peraturan baru tentang pergantian pemain maksimal hingga 5 pergantian memang mendapat banyak respon pro dan kontra. Pasalnya peraturan tersebut bertentangan dengan statuta FIFA yang hanya memperbolehkan maksimal 3 pergantian saja.

Terlepas dari itu, Arema FC menjadi salah satu klub yang setuju dengan regulasi tersebut. Menurut Arema, kebijakan tersebut cukup adil dimana klub harus memainkan minimal 3 pemain U23 dalam satu babak setiap pertandingan.
"Regulasi pergantian lima pemain kami pikir sudah realistis dan sudah fair, mengingat adanya kewajiban klub memainkan pemain U-23 yang (jumlahnya) terbatas di tim kami," ungkap General Manager, Ruddy Widodo.
"Begini, misalkan tiga pemain U-23 kami tiba-tiba cedera di pertengahan babak pertama, maka tentu saja pergantian pemain jadi habis kalau hanya tiga pemain. Itu pun masih harus digantikan pemain U-23 juga", lanjutnya.
Meski begitu, Arema FC berharap ada solusi terbaik jika nantinya FIFA melarang peraturan tersebut digunakan dalam Liga resmi. Seperti kita tahu, PSSI akan melayangkan surat ke FIFA prihal regulasi baru ini.
"Kalau itu yang terjadi, lalu apa gunanya kita mengontrak pemain senior dengan harga mahal, jika di babak kedua mereka tidak bisa main? Karena jatah pergantian tiga pemain sudah habis," katanya.
"Memang itu sudah regulasi yang diatur FIFA. Tinggal didiskusikan, bagaimana solusinya jika terjadi hal-hal seperti contoh tadi. Kita semua berharap tidak ada yang cedera kepada pemain di kompetisi. Tapi yang namanya bola itu bundar, maka semua kemungkinan bisa terjadi, sehingga butuh antisipasi yang tepat." Tutupnya.
Dalam statuta FIFA sendiri jelas pada Pasal 3 Ayat 2 berbunyi bahwa pergantian pemain dalam pertandingan resmi di kompetisi atau turnamen kasta tertinggi sepakbola hanya diperbolehkan tiga pemain saja. Pergantian lebih dari tiga pemain dalam satu pertandingan resmi, hanya diperbolehkan di bawah kompetisi atau turnamen kasta tertinggi sepakbola.

So, Kita tunggu saja kabar selanjutnya..

Related Posts